Powered By Blogger

Kamis, 29 September 2011

KEWIRAUSAHAN SMART DISTRO CAMPUS

SMART DISTRO CAMPUS
I.             PENDAHULUAN
Distro sendiri merupakan singkatan dari distribution store sebagai tempat penjualan T-shirt , Polo shirt dan sejenisnya, dimana segmen pasarnya adalah anak muda yang berjiwa dinamis dan aktiv.
Design yang menarik dan merupakan Limited Edition Product biasanya akan diburu konsumen, karena lebih dirasa unik dan private.

II.           GAMBARAN  PERUSAHAAN
Smart Distro Campus adalah outlet penjualan baju berupa T-Shirt bagi kaum adam dan hawa dengan design yang cocok untuk anak muda usia 17 hingga 27 tahun. Kami, membuat sendiri designnya, kemudian merealisasikan design ke T-shirt dan dijual melalui online serta penjualan langsung di outlet “ Smart Distro Campus”.
Smart Distro Kampus adalah perusahaan yang dimilik beberapa mahasiswa yg ingin berwirausaha, berdiri pada awal tahun 2011.

Dengan melihat peluang usaha dan besarnya peluang pasar, pemilik memutuskan untuk membuat outlet penjualan Smart Distro Kampus yang rencana akan didirikan di jl mappaodang  no 13 , Makassar untuk memenuhi pesanan konsumen.

ASPEK USAHA
A. Data Perusahaan
1.   Nama Perusahaan      : Smart Distro Campus
2.   Bidang Usaha              : Clothing
3.   Jenis Produk                : T-Shirt, Polo Shirt, dll
4.   Alamat Perusahaan    : Jl. Mappaodang, no 13, Makassar
5.   Nomor Telephon                   : 0856xxxxxx
B.Data Pemilik
2.   Jabatan                        : Group Leader / General manager
3.   Nomor Telephon                   : 0856xxxxxxx
4.   Deskripsi Jabatan        : Bertanggung jawab terhadap semua kegiatan usaha, dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.memberikan pembagian     tugas kepada pekerja.
Staff
1.   Nama / NIM                  :  /
2.   Jabatan                         : Production & design  staff
3.   Nomor Telephon                   :
4.   Deskripsi Jabatan        : Bertanggung jawab atas produksi, mengurusi pembelian bahan baku serta bahan2 lain yang diperlukan. Melakukan perhitungan seberapa banyak jumlah produksi untuk pemenuhan standar pasar.

1.   Nama / NIM                  :
2.   Jabatan                        : Promotion staff
3.   Nomor Telephon                   :
4.   Deskripsi Jabatan        :Bertanggung jawab untuk melakukan promosi di berbagai media  upaya perluasan pasar.
1.   Nama / NIM                  :
2.   Jabatan                        : Financial staff
3.   Nomor Telephon                   :
4.   Deskripsi Jabatan        : Bagian ini menampung catatan pengeluran atau pemasukkan dari bagian produksi, promosi, marketing dan lain2 untuk kemudian dibuat laporan. Bertanggung jawab untuk mengurusi aliran dana masuk dan dana keluar.Menghitung perputaran produk dan kas. 
1.   Nama         / NIM          :
2.   Jabatan                         :  riset staff
3.   Nomor Telephon                   :
4.   Deskripsi Jabatan        : Bertanggung jawab atas penjualan dan pemasaran produk. Membuat riset2 dan observasi terhadap  pasar, untuk mengembangkan usaha dan membuat strategi pasar agar mendongkrak penjualan.


Struktur Perusahaan

III.          ASPEK PRODUKSI
PRODUK
-         T- Shirt cowok berbagai design animasi STIEM Campus
-         T- Shirt cewek design STIEM Campus Girly
-         Polo Shirt cewek dan cowok berbagai design
-         Jaket
Metode ready stock. Pilih, Bayar, Bungkus!!
SEGMEN PASAR
o   Mahasiswa STIEM usia 17 – 27 tahun
o   Umum
 Visi & Misi Usaha
Visi : Menumbuhkan rasa cinta dan memiliki STIEM yang ditunjukkan dengan kebanggaanya memakai T-shirt STIEM
Misi :1. Meningkatkan kreatifitas mahasiswa.
2. Sebagai tambahan penghasialan bagi mahasiswa.
3. Menghasilkan produk barang yg tak kalah bersaing dgn produk kulitas lainnya.

METODE DAN AREA PEMASARAN
          Berbeda dengan Smart Distro Campus sebelumnya yang menggunakan Order selling dengan system online, kami mencoba menghadirkan outlet “ Smart Distro Campus” yang tempatnya cukup strategis dan nyaman yaitu daerah dekat dgn kampus STIEM bongaya, jl mappaodang.
Kami menyediakan berbagai T- Shirt dan product turunan dengan berbagai design gambar yang ready stock.
          Area Pasar kami adalah area kampus STIEM bongaya dan sekitarnya.
MANFAAT  DAN KEUNGGULAN PRODUK
Ø Memberi sensasi baru di produk distro
Ø Produk bisa dijadikan cendera mata, kenang – kenangan dan oleh – oleh dari  kota Makassar.
IV.         ASPEK PEMASARAN
SEKILAS GAMBARAN PASAR
Area STIEM adalah area dimana civitas akademika –(mahasiswa STIEM) belajar dan melakukan berbagai aktivitas di Makassar.
V.         ASPEK KEUANGAN

Pada aspek keuangan ini, bisnis kami mendapat modal dari bagi modal yang terdiri dari 5 orang, per orangnya mengeluarkan modal Rp 1.000.000,00.Jadi Modal awal kita sebesar Rp5.000.000,00. Berikut ini kita tampilkan proyeksi keuangan kita dalam 1 bulan.
Proyeksi Keuangan 1 bulan
1. Kas Rp 5.000.000,00
                 Modal Rp 5.000.000,00
(Setoran untuk modal awal)
2. Perlengkapan Rp 1.500.000,00
                 Kas Rp 1.500.000,00
(Pembelian Perlengkapan)
3. Peralatan Rp 500.000,00
                Kas Rp 500.000,00
(Pembelian Peralatan)
Proyeksi Penjualan dalam 1 bulan
Minimal mendapat 4 kali pesanan
2 x Partai Besar (Minimal 60 lbr baju @ Rp 65.000,00)
2 x (60 lbr baju x Rp 75.000,00) = Rp 4.500.000,00
2 x Partai Kecil (Minimal 12 lbr sweater @ Rp 120.000,00)
2 x (12 lbr sweater x Rp 120.000,00) = Rp 1.440.000,00 +
Perkiraan Pendapatan minimal 1 bulan Rp .5.940.000,00
Jurnal Transaksi dalam 1 bulan
1. Biaya Angkut (4 @ Rp 50.000,00) Rp 200.000,00
Kas Rp 200.000,00
2. Biaya Tenaga Kerja (5 orang @ Rp 400.000,00 x 1 bulan)
Biaya Tenaga Kerja Rp 2.000.000,00
                                Kas         Rp 2.000.000 ,00
3. Biaya Bahan Baku(@Baju Rp 35.000,00).
Rp 35.000,00 x 60 lbr baju = Rp 2.100.000,00
 Biaya bahan baku (@sweater Rp 95.000,00)
Rp 95.000,00 x 12 lbr sweater = Rp 1.140.000,00)
Biaya Bahan Baku Rp  3.240.000
                                 Kas        Rp 3.240.000,00



Tidak ada komentar:

Posting Komentar