Harga merupakan
ukuran untuk dapat mengetahui berapa besar
nilai suatu barang dan jasa.
Harga turut menentukan berhasil tidaknya akan laku dipasaran, karena harga
merupakan nilai dari suatu barang yang dinyatakan dalam satuan uang. Selain itu
juga harga dipakai sebagai patokan atau titik permulaan bagi penentuan harga
lainnya atau harga merupakan saran penghubung antara pembeli dan penjual.
Artinya harga ditentukan oleh permintaan dan penawaran akan suatu produk barang
atau jasa yang telah disesuaikan.
Mulyadi
Akuntnsi Biaya, Pengendalian Harga Pokok, (1999 : 147) memberikan definisi
tentang harga, yaitu harga adalah merupakan jumlah uang atau barang (ditambah
beberapa barang kalau memungkinkan) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah
kombinasi dari produk dan pelayanannya.
Perusahaan
menginginkan harga yangf lebih tinggi, akan tetapi masyarakat sudah mengetahuiu
situasi dan harga, pihak produsen perlu menjamin kualitas produksi, sehingga
tidak ada tanggapan lain dari konsumen atau kurang puas.
Harga sebagai
suatu standar nilai barang dan jasa, sehingga harga itu sangat penting
ditentukan Cuma perlu ditekankan bahwa untuk ingin memiliki suatu barang
tersebut seseorang membayar dengan sejumlah uang untuk mengumpulkan barang dan
sudah termasuk pelayanan yang diberikan oleh penjual. Bahkan penjual juga
mengharapkan keuntungan dari harga yang telah ditentukan tersebut.
Kemudian
Nitisemito, Dasar-Dasar Penganggaran Bagi Eksekutif, (2000 : 11) memberikan
batasan mengenai harga yaitu harga adalah suatu barang dan jasa yang diakui
dengan sejumlah uang dimana berdasarkan nilai tersebut atau perusahaan bersedia
melepaskan barang atau jasa yang dimilikinya kepada orang lain.
Harga
menunjukkan pula terlaksananya suatu transaksi pembelian yang dapat terjadi,
jika pembeli dan penjualtelah secara bversama-sama sepakat pada suatu tingkat
harga tertentu dari suatu produk yang dijual, sehingga dengan demikian
perusahaan PTP. XIV Pabrik Gula Camming dalam hal ini melaksanakan kegiatan
untuk pemasarannya tidak terlepas diri dari suatu penentuan harga produk yang
akan ditawarkan.
Dengan
demikian, harga mempunyai peranan serta fungsi yang tidak dapat dipisahkan
dengan fungsi-fungsi lainnya seperti halnya produksi, pemasaran juga
pembelanjaan dan fungsi-fungsi lainnya.
Perusahaan
PTP. XIV Pabrik Gula Camming dalam menjalankan aktivitasnya sesuai dengan obyek
penelitian dalam hal penetapan harga jual kepada langgan selalu memperhatikan
berbagai pertimbangan seperti harga pada perusahaan lain, daya belu masyarakat,
pengawasan dan pengendalian harga oleh pemerintah dan lain pertimbangan tentang biaya produksinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar