Harga merupakan ukuran untuk dapat
mengetahui berapa besar nilai suatu barang dan jasa. Harga turut
menentukan berhasil tidaknya akan laku dipasaran, karena harga merupakan nilai
dari suatu barang yang dinyatakan dalam satuan uang. Selain itu juga harga
dipakai sebagai patokan atau titik permulaan bagi penentuan harga lainnya atau
harga merupakan saran penghubung antara pembeli dan penjual. Artinya harga
ditentukan oleh permintaan dan penawaran akan suatu produk barang atau jasa
yang telah disesuaikan.
Mulyadi Akuntansi Biaya, Penentuan Harga
Pokok dan Pengendalian Biaya, (1999 : 147) memberikan definisi tentang harga,
yaitu harga adalah merupakan jumlah uang atau barang (ditambah beberapa barang
kalau memungkinkan) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari
produk dan pelayanannya.
Perusahaan menginginkan harga yangf lebih
tinggi, akan tetapi masyarakat sudah mengetahuiu situasi dan harga, pihak
produsen perlu menjamin kualitas produksi, sehingga tidak ada tanggapan lain
dari konsumen atau kurang puas.
Harga sebagai suatu standar nilai barang
dan jasa, sehingga harga itu sangat penting ditentukan Cuma perlu ditekankan
bahwa untuk ingin memiliki suatu barang tersebut seseorang membayar dengan
sejumlah uang untuk mengumpulkan barang dan sudah termasuk pelayanan yang
diberikan oleh penjual. Bahkan penjual juga mengharapkan keuntungan dari harga
yang telah ditentukan tersebut.
Kemudian Nitisemito, Dasar-Dasar Penganggaran Bagi Eksekutif,
(2000 : 11) memberikan batasan mengenai harga yaitu harga adalah suatu barang
dan jasa yang diakui dengan sejumlah uang dimana berdasarkan nilai tersebut
atau perusahaan bersedia melepaskan barang atau jasa yang dimilikinya kepada
orang lain.
Harga menunjukkan pula terlaksananya
suatu transaksi pembelian yang dapat terjadi, jika pembeli dan penjualtelah
secara bversama-sama sepakat pada suatu tingkat harga tertentu dari suatu
produk yang dijual, sehingga dengan demikian perusahaan dalam hal ini melaksanakan kegiatan untuk
pemasarannya tidak terlepas diri dari suatu penentuan harga produk yang akan
ditawarkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar