Powered By Blogger

Rabu, 15 Februari 2017

Pengertian Penjualan

Konsep penjualan pada dasarnya dapat diartikan mengenai penjualan sebagai bagian dengan cara untuk memenuhi kepuasan konsumen, di samping dapat memberikan suatu ketenangan dalam menikmati barang yang telah dibelinya pada penjual.
            Untuk lebih jelasnya Soehardi Sigit (2001 : 1860 memberikan batasan mengenai penjualan, menyatakan bahwa penjualan adalah sesuatu kegiatan yang dilaksanakan oleh bagian pemasaran dengan jalan bagaimana cara meningkatkan pendistribusian hasil produk perusahaan dilaksanakan pada perusahaan.
            Berdasarkan pengertian di atas, dibicarakan tentang masa yang akan datang bagaimana kegiatan selanjtnya apakah dapat meningkat atau tidak, sehingga kegiatan dapat diketahui perkembangan pada hari esok.
            Penjualan yang tepat bagi perusahaan, akan sangat bermanfaat bagia setiap tahap perencanaan bisnis. Dalam kaitannya dengan perencanaan, maka manajer pemasaran harus senantiasa memiliki data yang digunakan untuk melaksanakan penjualan. Maksud dari ramalan tersebut antara lain adalah untuk menentukan kuota, sebagai pedoman dasar dalam pengembangan produk, merencanakan kegiatan promosi, serta untuk kepentingan pengalokasian tenaga kerja.
            Pada dasarnya penjualan perusahaan dapat dibuat untuk beberapa jangka waktu yang biasanya meliputi lima tahunan. Namun demikian, adapula diantaranya perusahaan yang membuat ramalan (forchasthin) yang dilakukan, antara lain banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain metode ramalan yang dipergunakan, serta kapasitas dari personalia yang melakukan kegiatan peramalan yang dapat ditargetkan.   .
            Mengenai metode peramalan yang digunakan, diantaranya bermacam-macam terdapat ahli memasukkan aspek teknisnya. Diantara peramalan penjualan yang dominan digunakan, oleh Basu Swastha dan Irawan, (2000 : 166) sebagai berikut :
6.1.1.1.1.1.1        Pendapat manajer
6.1.1.1.1.1.2        Pendapat salesman
6.1.1.1.1.1.3        Survei minat pembeli
6.1.1.1.1.1.4        Modal matematika
6.1.1.1.1.1.5        Analisa time serise

6.1.1.1.1.1.6        Metode regresi.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar