Harga merupakan ukuran untuk dapat
mengetahui berapa besar nilai suatu barang dan jasa. Harga turut
menentukan berhasil tidaknya akan laku dipasaran, karena harga merupakan nilai
dari suatu barang yang dinyatakan dalam satuan uang. Selain itu juga harga
dipakai sebagai patokan atau titik permulaan bagi penentuan harga lainnya atau
harga merupakan saran penghubung antara pembeli dan penjual. Artinya harga
ditentukan oleh permintaan dan penawaran akan suatu produk barang atau
jasa.
Basu Swastha, Cost Accounting, Planning and Control, (1999 : 147) memberikan definisi tentang
harga, yaitu harga adalah merupakan jumlah uang atau barang (ditambah beberapa
barang kalau memungkinkan) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi
dari produk dan pelayanannya.
Perusahaan menginginkan harga yangf lebih tinggi, akan tetapi masyarakat
sudah mengetahuiu situasi dan harga, pihak produsen perlu menjamin kualitas
produksi, sehingga tidak ada tanggapan lain dari konsumen atau kurang puas.
Harga sebagai suatu standar nilai barang dan
jasa, sehingga harga itu sangat penting ditentukan cuma perlu ditekankan bahwa
untuk ingin memiliki suatu barang tersebut seseorang membayar dengan sejumlah
uang untuk mengumpulkan barang dan sudah termasuk pelayanan yang diberikan oleh
penjual. Bahkan penjual juga mengharapkan keuntungan dari harga yang telah
ditentukan tersebut.
Kemudian Nitisemito, dalam buku
Dasar-Dasar Pemasaran, (2000 : 11)
memberikan batasan mengenai harga yaitu harga adalah suatu barang dan jasa yang
diakui dengan sejumlah uang dimana berdasarkan nilai tersebut atau perusahaan
bersedia melepaskan barang atau jasa yang dimilikinya kepada orang lain.
Harga menunjukkan pula terlaksananya
suatu transaksi pembelian yang dapat terjadi, jika pembeli dan penjualtelah
secara bversama-sama sepakat pada suatu tingkat harga tertentu dari suatu
produk yang dijual, sehingga dengan demikian perusahaan PT. Karya Triagung
Permai Makassar di Kota Makassar dalam hal ini melaksanakan kegiatan untuk
pemasarannya tidak terlepas diri dari suatu penentuan harga produk yang akan
ditawarkan.
Dengan demikian, harga mempunyai peranan
serta fungsi yang tidak dapat dipisahkan dengan fungsi-fungsi lainnya seperti
halnya produksi, pemasaran juga pembelanjaan dan fungsi-fungsi lainnya.
Perusahaan PT. Karya Triagung Permai Kota
Makassar dalam menjalankan aktivitasnya sesuai dengan obyek penelitian dalam
hal penetapan harga jual kepada langgan selalu memperhatikan berbagai
pertimbangan seperti harga pada perusahaan lain, daya belu masyarakat,
pengawasan dan pengendalian harga oleh pemerintah dan lain pertimbangan tentang biaya produksinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar