Tujuan utama pemasar adalah untuk
melayani dan memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Oleh karena itu
pemasar perlu memahami bagaimana perilaku konsumen dalam usaha memaskan
kebutuhan dan keinginan konsumen.
Jika ditelaah lebih lanjut, sebenarnya
terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi para konsumen dalam rangka
menentukan pilihannya mengenai produk apa yang dikonsumsinya. Menurut
Nitisemito (2000 : 29) faktor-faktor tersebut antara lain tingkat pendapatan,
pendidikan dan status sosial yang
disandang oleh para konsumen yang secara potensial akan mengkonsumsi barang
yang akan dipasarkan diperusahaan. Ketiga faktor ini akan turut berpengaruh
bagi perilaku konsumen sehingga perusahaan perlu mengkajinya, sehubungan dengan
upaya perusahaan didalam meningkatkan penjualan.
Melakukan suatu kajian atau studi
terhadap perilaku konsumen dalam
memainkan peranan untuk meningkatkan penjualan barang, akan diperoleh suatu
petunjuk yang konkret mengenai perlu tidaknya perusahaan melakukan
perluasan dan penyebaran
produk-produknya dipasar yang telah disesuaikan dengan perilaku konsumen.
Sehubungan dengan hal ini maka Sofyan
Assauri, (2001: 12) dalam tulisannya mengemukakan bahwa dengan mengkaji
perilaku konsumen tersebut, perusahaan dapat mengetahui diagnosa tentang siap
dan apa serta bagaimana kebenaran mengenai pemakaian suatu produk. Hasil
pengkajian tentang perilaku konsumen tersebut digunakan oleh perusahaan untuk
menentukan perlu tidaknya perusahaan merubah strategi pemasaran produknya.
Dengan demikian, jelas terlihat bahwa
aspek perilaku konsumen perlu mendapatkan perhatian dari unsur manajemen
perusahaan, saat perusahaan yang bersangkutan akan merencanakan untuk mempertahankan posisinya
di pasar. Meskipun terdapat banyak faktor yang memungkinkan suatu perusahaan
untuk mempertahankan posisinya di pasar, namun masalah perilaku konsumen ini
perlu mendapatkan perhatian yang cukup serius, khususnya bagi barang-barang industri yang pangsa pasarnya berada pada kalangan
masyarakat yang berpenghasilan relatif tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar