Besar kecilnya
profit margin pada setiap transaksi
penjualan ditentukan oleh kedua faktor yaitu net sales laba usaha. Besar
kecilnya laba usaha atau net operating income tergantung kepada pendapatan dari
sales dan besarnya biaya usaha (operating expenses).
Bambang Riyanto, dalam bukunya
Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, (2004 : 31) dengan jumlah operating
expenses tertentu dengan profit margin dapat diperbesar dengan sales, atau
dengan jumlah sales tertentu, profit margin dapat diperbesar dengan menekan
atau memperkecil operating expenses.
Dengan demikian, untuk memperbesar profit margin ada dua alternatif dalam
usaha untuk memperbesar profit margin, yaitu :
1. Dengan menambah biaya usaha (operating
expenses) sampai pada tingkat tertentu diusahakan tercapai tambahan sales
yang sebesar-besarnya atau dengan kata lain, tambahan sales harus lebih besar
dari pada tambahan operating expenses.
2. Perubahan besarnya sales dapat
disebabkan karena perubahan harga penjualan per unit apabila volume sales dalam
unit sudah tertentu (tetap) atau disebabkan karena bertambahnya luas penjualan
dalam unit kalau tingkat harga per unit produk sudah tertentu.
Dengan demikian dapatlah dikatakan bahwa
pengertian menaikkan tingkat sales disini dapat berarti memperbesar pendapatan
dan sales dengan jalan, sebagai berikut :
1. Memperbesar volume sales dalam unit pada
tingkat harga penjualan barang tertentu.
2. Menaikkan harga tingkat penjualan per unit
pada produk luas sales dalam unit tertentu.
Dengan mengurangi
pendapatan dari sales sampai tingkat tertentu diusahakan adanya pengurangan
oprating expenses yang sebesar-besarnya, atau dengan kata lain mengurangi biaya
usaha relatif lebih besar dari pada berkurangnya pendapatan dan sales. Meskipun
jumlah dari pada sales selama periode tertentu berkurang, tetapi oleh karena
disertai berkuragnya operating expenses yang lebih sebanding maka akibatnya
ialah bahwa profit marginnya makin besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar