Dengan adanya
perkembangan dibidang tehnologi dan ilmu pengetahuan, memungkinkan
dihasilkannya barang-barang pemuas kebutuhan manusia dalam jumlah yang besar dan
beragam. Hal ini akan menimbulkan masalah-masalah dalam bidang pemasaran
hasil-hasil produksi tersebut, dengan kata lain pemasaran memainkan peranan
yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan dan kelangsungan hidup
perusahaan.
Masalah pemasaran merupakan salah
satu masalah yang dihadapi perusahaan pada umumnya. Hal ini dikarenakan tumpuan
suatu perusahaan pada umumnya untuk memasarkan produk yang dihasilkan. Dengan
demikian dapat dikatakan bahwa pemasaran merupakan tulang punggung perusahaan
dengan tidak mengabaikan fungsi-fungsi lainnya.
Pemasaran merupakan salah satu
faktor yang penting dalam suatu siklus yang dimulai dengan kebutuhan konsumen
dan diakhiri dengan pemenuhan kebutuhan konsumen. Dengan kata lain pemasaran
adalah suatu fungsi dalam perusahaan dimana melalui fungsi ini perusahaan
mengidentifikasikan segala kebutuhan dan keinginan konsumen, memperkirakan dan
menentukan target pasar yang dituju, mendesain produk atau servis jasa dengan
tepat, memilih para tenaga pemasar yang profesional serta hal-hal yang menjadi
tugas dan fungsi memasarkan. Oleh karena itu pemasaran merupakan suatu kegiatan
pengambilan keputusan yang sulit bagi perusahaan. Ketepatan keputusan yang
diambil oleh perusahaan pada saat tertentu akan mempengaruhi aktivitas perusahaan
selanjutnya.
Beberapa ahli pemasaran telah
mengemukakan pendapatnya tentang pengertian marketing, walaupun pengertian
tersebut seakan-akan berbeda, namun pada prinsipnya mempunyai kesamaan.
Menurut Philip kotler dalam buku
Manajemen Pemasaran (2000 : 09) bahwa pemasaran adalah suatu proses sosial yang
didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan
inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk
yang bernilai dengan pihak lain.
Selain itu William J. Stanton dalam
buku Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen (2000 : 31) menyatakan bahwa pemasaran adalah
semua sistem dari aktivitas perusahaan untuk menentukan tempat, harga, promosi
dan saluran distribusi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan konsumen baik
yang aktual maupun yang potensial.
Berdasarkan hal tersebut yang telah
dikemukakan para ahli pemasaran, maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa
pemasaran adalah semua kegiatan atas tindakan-tindakan yang menyebabkan
perpindahan barang dan jasa dari produsen ke konsumen, yang dapat memasarkan keinginan
dan kebutuhan konsumen, sehingga dapat menimbulkan proses pertukaran.
Salah satu cara untuk mengetahuinya
berhasil tidaknya usaha yang dijalankan oleh perusahaan adalah terletak pada
besarnya jumlah permintaan untuk meningkatkan volume penjualannya. Seluruh
faktor yang dikuasai dan yang dipegang oleh manajer produksi untuk mempengaruhi
permintaan akan hasil produksi perusahaan disebut marketing mix.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar