Powered By Blogger

Sabtu, 24 Desember 2016

Metode Penilain Persediaan

Metode penilaian persediaan barang adalah menentukan nilai persediaan yang dicantumkan dalam neraca. Persediaan akhir dihitung harga pokoknya dengan menggunakan beberapa cara pencatatan harga pokok persediaan akhir, ketiga     penilaian adalah :
 Metode Harga Pokok
 Metode harga pokok atau harga pasar lebih rendah
 Metode harga jual.
  Metode harga pokok                                                                                                                   
   Metode harga pokok persediaan memakai metode, sebagai berikut :
   a.  Metode Fifo (first in first out)
   b.  Metode lifo (last in first out)
   c.  Harga rata-rata (average)
   d.  Metode identifikasi khusus
         a.  Metode fifo (first in first out)
     Metode penerapan harga pokok persediaan di mana dianggap bahwa barang-barang yang paling terdahulu dibeli merupakan barang yang akan dijual pertama kali dalam metode ini persediaan akhir dinilai dengan harga pokok pembelian yang paling akhir.
         b.  Metode lifo (last in first out) 
         Metode penetapan harga pokok persediaan dimana dianggap bahwa barang-barang yang paling terakhir dibeli akan merupakan barang yang dapat dijual      pertama kali. Dalam metode ini persediaan akhir dinilai dengan harga pokok pembelian yang terdahulu.
         c.  Metode Harga Rata-Rata (Average)
     Metode penetapan harga pokok persediaan dimana dianggap bahwa harga pokok, rata-rata dari barang yang tersedia untuk dijual akan dipergunakan untuk menghitung harga pokok barang yang dijual dan yang terdapat dalam persediaan. 
          d.  Metode Identifikasi Khusus
         Metode penetapan harga pokok untuk barang-barang yang dijual  dan guna yang masih terdapat dalam persediaan yang didasarkan atas barang-barang yang bersangkutan.
               Sumarso S.R ( 1998; 411 )  menyatakan  bahwa  persediaan  barang  dagangan  (merchandise inventory) adalah barang-barang yang dimiliki perusahaan untuk dijual kembali.
      Metode harga pokok atau harga pasar yang rendah
Penilaian harga pasar yang dilakukan sebagai alat ganti untuk memproduksi barang suatu saat tertentu dengan tujuan untuk menentukan nilai yang sebenarnya dalam laporan keuangan dengan ketentuan bahwa :
            -  Harga pasar tidak boleh rendah dari nilai  bersih yang dapat direalisasikan.
       - Harga pasar tidak boleh lebih rendah dari pada nilai  bersih  yang dapat      direalisasikan  sesudah  dikurangi  dengan laba yang rendah.
      Metode harga jual

       Metode harga jual yang merupakan penerapan  dari prinsip harga pokok untuk menilai persediaan barang yang  mencantumkan dalam persediaan dengan harga jual dan laba bersihnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar