Powered By Blogger

Sabtu, 24 Desember 2016

Perbedaan Rugi Laba Perusahaan

Dalam laporan rugi laba sering dijumpai ada perbedaan yang mendasar apabila perhitungan harga pokok produksi, sering salah pengelompokan antara biaya tetap dan variabel, sehingga rugi laba perusahaan adakalanya dijumpai selisih laporan rugi laba.
            Laporan rugi laba kaitannya dalam penentuan harga pokok menurut R.A. Supriono (2000 : 16) menyatakan bahwa jumlah dapat diukur dalam satuan uang dalam bentuk :
    Kas yang dibayarkan, atau
  Nilai yang aktiva lainnya diserahkan/ dikorbankan, atau
 Nilai jasa yang diserahkan
    Hutang yang timbul
   Tambahan modal
Dalam rangka memikirkan perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi barang dan jasa yang diperlukan perusahaan baik pada masa lalu (harga perolehan yang telah terjadi) maupun pasa masa yang akan datang (harga perolehan yang akan terjadi), sehingga perolehan keuntungan tidak mengalami perbedaan yang mendasar pada laporan rugi laba perusahaan., maka yang perlu ditentukan terlebih dahulu,   yaitu :   
      Harga pokok produksi
Harga pokok produksi adalah semua biaya-biaya yang setiap atau yang melekat yang dihasilkan mulai dari persediaan bahan baku sampai bahan baku tersebut menjadi barang jadi yang siap dijual dan tidak dijumpai dalam laporan keuangan ada perbedaan..
Harga pokok produki oleh R.A. Supriono (2000 : 18) adalah harga pokok produksi meliputi biaya-biaya yang dikorbankan untuk memproses bahan-bahan (termasuk biaya untuk bahannya) atau barang setengah jadi sampai barang akhir untuk dijual.
    Harga pokok penjualan
Harga pokok penjualan adalah harga pokok barang yang telah dijual, yang meliputi jumlah seluruh biaya yang dikeluarkan baik langsung maupun tidak langsung sampai barang tersebut laku dijual, dan selanjutnya dibuat laporan keuangan pada kepala bagian.
Pada perusahaan dagang harga pokok penjualan dapat ditentukan dari persediaan awal barang ditambah dengan pembelian (netto) yang kemudian dikurangi dengan persediaan akhr. Pada perusahaan industri harga pokok penjualan dapat ditentukan dari persediaan awal produk jadi ditambah dengan jumlah biaya produksi kemudian dikurangi dengan persediaan akhir produk jadi.  
  Dalam perbedaan rugi laba perusahaan perlu menetapkan harga pokok terdiri dari :
 Pengelompokaan biaya-biaya harus sesuai dengan yang semestinya
    Laporan rugi laba perusahaan perlu ditetapkan beban biaya yang semestinya
    Bunga yang seharusnya diperoleh
    Provesi dan komisi yang seharusnya diperoleh
    Pendapatan lain-lain.
  Penyusunan laporan rugi laba sesuai dengan Standar Akuntan Keuangan dalam                       
  penyajian laporan rugi laba, agar tidak terjadi perbedaan, yaitu :
        Wajib manual secara rinci unsur-unsur pendapatan dan beban

     Unsur pendapatan dan beban harus dibedakan antara pendapatan dan beban yang berasal dari kegiatan operasional dan non operasional. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar