Powered By Blogger

Sabtu, 24 Desember 2016

Perbandingan Berbagai Metode Penilaian Persediaan

           Dengan menggunaka metode First In First Out (FIFO), persediaan dilaporkan pada neraca kira-kira sebesar harga pokok saat itu. Dengan Last-In First-Out (LIFO), persediaan yang tidak banyak berubah kuantitasnya dengan jumlah yang kira-kira tetap seperti dulu yang dikaitkan dengan pembelian. Penggunaan metode rata-rata pada umumnya menghasilkan nilai persediaan yang sangat paralel dengan nilai First In First Out, karena pembelian selama suatu periode biasanya First In First Out,  selama suatu periode biasanya beberapa kali lebih banyak dari persediaan awal dan dengan demikian biaya rata-rata amat dipengaruhi oleh biaya periode berjalan.                                                                                                    
Metode harga rata-rata (Average), metode penetapan harga pokok persediaan barang pada perusahaan,  yaitu metode penilaian persediaan dimana dianggap bahwa harga pokok produksi, rata-rata dari barang yang tersedia untuk dijual akan dipergunakan untuk menghitung harga pokok produksi barang yang dijual dan yang terdapat dalam persediaan dan telah diperhitungkan seluruh biaya dalam proses produksi.
  Metode harga pokok rata-rata yang diterapkan perusahaan dalam metode penilaian persediaan barang akan memfokuskan metode persediaan yang telah diperhitungkan dalam produksi, sehingga harga harga pokok rata-rata dapat diketahui nilai persediaan yang dimiliki perusahaan.,
   Metode identifikasi khusus, yaitu metode penetapan harga pokok untuk barang-barang yang dijual  dan guna mengetahui masih terdapat dalam persediaan yang didasarkan atas barang-barang dalam persediaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar