Powered By Blogger

Senin, 16 Januari 2017

Pengertian dan Pentingnya Analisa Laporan Keuangan

Mengadakan interpretasi atau anilisis laporan keuangan suatu perusahaan adalah sangat penting artinya bagi pihak-pihak yang berkepentingan terutama bagi perusahaan itu sendiri. Bambang Riyanto, Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan ( 1997 : 260 ) mengemukakan sebagai berikut : Laporan finansial suatu perusahaan, dimana neraca mencerminkan nilai aktiva, hutang dan modal sendiri pada suatu saat tertentu, dan laporan rugi laba mencerminkan hasil-hasil yang dicapai selama suatu periode tertentu biasanya meliputi satu tahun.

            Memperoleh gambaran tentang perkembangan financial suatu perusahaan perlu diadakan interpretasi atau analisis terhadap finansial dari perusahaan yang bersangkutan, dan data fanansial itu akan tercermin dalam laporan keuangan.
            Mengadakan interpretasi atau analisis terhadap laporan keuangan suatu perusahaan akan sangat bermanfaat bagi penganalisaan untuk dapat mengetahui keadaan dan perkembangan financial dari perusahaan yang bersangkutan.
            Mengadakan anilisis terhadap laporan keuangan dari perusahaan, pimpinan perusahaan akan dapat mengetahui hasil-hasil finansial yang telah dicapai diwaktu yang lama dan waktu yang sedang berjalan. Dengan mengadakan analisis data finansial dari tahun ketahun  kelemahan-kelemahan dari perusahaan serta hasil-hasil yang dianggap cukup baik.

            Selain itu para kreditur pun berkepentingan terhadap laporan keuangan dari suatu perusahaan yang telah atau akan menjadi debitur atau nasabahnya. Kreditur sebelum mengambil keputusan untuk memberi atau menolak permintaan kredit dari suatu perusahaan, perlu mengadakan analisis lebih dahulu terhadap laporan keuangan dari perusahaan tersebut, untuk dapat mengukur kemampuan perusahaan untuk membayar kembali hutangnya ditambah beban bunganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar