Powered By Blogger

Senin, 23 Januari 2017

Unsur-Unsur Sistem Pengendalian Intern

      Unsur-unsur  pokok pengendalian intern pada perusahaan menurut Sri Kadarisman, Dasar-Dasar Kepegawaian, (2000, 216)  adalah :                                              
1. Struktur organisasi yang dapat memisahkan tanggung jawab fungsional secara tegas.Struktur organisasi ini merupakan kerangka pembagian tanggung jawab fungsional kepada unit- unit organisasi yang dibentuk untuk melaksanakan kegiatan kegiatan  pokok  perusahaan  pembagian tanggung jawab fungsional ini didasarkan pada prinsip-prinsip, sebagai berikut :
a. Harus dipisahkan fungsi-fungsi operasi dan  pengharapan       
dari fungsi akuntansi.
b. Suatu  fungsi tidak  boleh diberi  tanggung jawab penuh melaksanakan semua tahap suatu transaksi.
2. Sistem wewenang dan prosedur pencatatan yang memberikan perlindungan yang  cukup  terhadap  kekayaan, utang pendapatan dan biaya. Dalam organisasi setiap transaksi terjadi atau dasar dari pejabat yang memiliki wewenang untuk menyetujui terjadinya transaksi tersebut. Oleh karena itu dalam organisasi harus dibuat sistem yang mengatur dan pembagian wewenang untuk otorisasi atas terlaksananya setiap transaksi. Dengan demikian sistem otorisasi akan manajemen dihasilkannya dokumen pembukuan yang dapat dipercaya sehingga akan menjadi masukan yang dapat dipercaya bagi proses akuntansi.
3.  Praktek yang sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsi setiap unit organisasi. Adapun cara-cara yang ditempuh oleh perusahaan dalam menciptakan praktek yang sehat yaitu :
a. Penggunaan formulir bernomor urut tercetak yang  dengan pemakaiannya harus dipertanggung jawabkan oleh yang berwenang.
b.  Pemeriksaan mendadak (curprised amlit)
c. Setiap transaksi tidak boleh dilaksanakan dari awal sampai akhir satu orang atau satu unit organisasi tanpa campur tangan dari orang atau unit organisasi lain dalam hal tertentu.
d.  Perputaram jabatan (job rotation)
e. Secara periodik diadakan pencocokan fisik kekayaan dengan catatannya.                                                      
f.  Pembentukan  unit  organisasi bertugas untuk mengecek efektivitas  unsur-unsur pengendalian intern yang lain.
g. Agar efektif dalam menjalankan tugasnya satuan pengawas an intern ini harus tidak melaksanakan fungsi operasi, fungsi penyimpanan dan fungsi akuntansi serta harus bertanggung jawab langsung kepada manajemen puncak (corektur utama)
4.   Karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawabnya.
Diantara 4 (empat) unsur pokok pengendalian intern unsur butuh karyawan merupakan unsur sistem pengendalian intern yang paling penting. Jika perusahaan memiliki karyawan yang komponen dan jujur untuk pengendalian yang lain dapat dikurangi sampai batas yang minimun dan perusahaan tetap mampu menghasilkan pertanggung jawaban keuangan yang dapat diandalkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar