Harga merupakan
ukuran untuk dapat mengetahui berapa besar
nilai suatu barang dan jasa.
Harga turut menentukan berhasil tidaknya akan laku dipasaran, karena harga
merupakan nilai dari suatu barang yang dinyatakan dalam satuan uang. Selain itu
juga harga dipakai sebagai patokan atau titik permulaan bagi penentuan harga
lainnya atau harga merupakan saran penghubung antara pembeli dan penjual.
Artinya harga ditentukan oleh permintaan dan penawaran akan suatu produk barang
atau jasa yang telah disesuaikan.
Mulyadi dalam bukunya Akuntansi Biaya,
Pengendalian Harga Pokok, (2003 : 147) memberikan definisi tentang harga, yaitu
harga adalah merupakan jumlah uang atau barang (ditambah beberapa barang kalau
memungkinkan) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari produk
dan pelayanannya.
Perusahaan menginginkan harga yangf lebih
tinggi, akan tetapi masyarakat sudah mengetahuiu situasi dan harga, pihak
produsen perlu menjamin kualitas produksi, sehingga tidak ada tanggapan lain
dari konsumen atau kurang puas.
Harga sebagai suatu standar nilai barang
dan jasa, sehingga harga itu sangat penting ditentukan Cuma perlu ditekankan
bahwa untuk ingin memiliki suatu barang tersebut seseorang membayar dengan
sejumlah uang untuk mengumpulkan barang dan sudah termasuk pelayanan yang
diberikan oleh penjual. Bahkan penjual juga mengharapkan keuntungan dari harga
yang telah ditentukan tersebut.
Kemudian Nitisemito, dalam bukunya Dasar-Dasar Penganggaran Bagi
Eksekutif, (2000 : 11) memberikan batasan mengenai harga yaitu harga adalah
suatu barang dan jasa yang diakui dengan sejumlah uang dimana berdasarkan nilai
tersebut atau perusahaan bersedia melepaskan barang atau jasa yang dimilikinya
kepada orang lain.
Harga menunjukkan pula terlaksananya
suatu transaksi pembelian yang dapat terjadi, jika pembeli dan penjualtelah
secara bversama-sama sepakat pada suatu tingkat harga tertentu dari suatu
produk yang dijual, sehingga dengan demikian perusahaan PT Toraja Markisa Toraja
dalam hal ini melaksanakan kegiatan untuk pemasarannya tidak terlepas diri dari
suatu penentuan harga produk yang akan ditawarkan.
Dengan demikian, harga mempunyai peranan
serta fungsi yang tidak dapat dipisahkan dengan fungsi-fungsi lainnya seperti
halnya produksi, pemasaran juga pembelanjaan dan fungsi-fungsi lainnya.
Perusahaan markisa botol di Tana Toraja
dalam menjalankan aktivitasnya sesuai dengan obyek penelitian dalam hal
penetapan harga jual kepada langgan selalu memperhatikan berbagai pertimbangan
seperti harga pada perusahaan lain, daya belu masyarakat, pengawasan dan
pengendalian harga oleh pemerintah dan lain pertimbangan tentang biaya
produksinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar