Harga merupakan ukuran untuk dapat mengetahui berapa besar nilai suatu
barang dan jasa. Harga turut menentukan berhasil tidaknya akan laku dipasaran,
karena harga merupakan nilai dari suatu barang yang dinyatakan dalam satuan
uang. Selain itu juga harga dipakai sebagai patokan atau titik permulaan bagi
penentuan harga lainnya atau harga merupakan saran penghubung antara pembeli
dan penjual. Artinya harga ditentukan oleh permintaan dan penawaran akan suatu
produk barang atau jasa.
Basu Swastha dalam bukunya Pengantar Bisnis (1999 : 147) memberikan
definisi tentang harga, yaitu harga adalah merupakan jumlah uang atau barang
(ditambah beberapa barang kalau memungkinkan) yang dibutuhkan untuk mendapatkan
sejumlah kombinasi dari produk dan pelayanannya.
Perusahaan menginginkan harga yang lebih tinggi, akan tetapi masyarakat
sudah mengetahuiu situasi dan harga, pihak produsen perlu menjamin kualitas
produksi, sehingga tidak ada tanggapan lain dari konsumen atau kurang puas.
Harga sebagai suatu standar nilai barang dan jasa, sehingga harga itu
sangat penting ditentukan Cuma perlu ditekankan bahwa untuk ingin memiliki
suatu barang tersebut seseorang membayar dengan sejumlah uang untuk
mengumpulkan barang dan sudah termasuk pelayanan yang diberikan oleh penjual.
Bahkan penjual juga mengharapkan keuntungan dari harga tersebut.
Kemudian Nitisemito dalam bukunya Pembelanjaan Perusahaan (2000 : 11)
memberikan batasan mengenai harga yaitu harga adalah suatu barang dan jasa yang
diakui dengan sejumlah uang dimana berdasarkan nilai tersebut atau perusahaan
bersedia melepaskan barang atau jasa yang dimilikinya kepada orang lain.
Harga menunjukkan pula terlaksananya suatu transaksi pembelian yang
dapat terjadi, jika pembeli dan penjualtelah secara bversama-sama sepakat pada
suatu tingkat harga tertentu dari suatu produk yang dijual, sehingga dengan
demikian perusahaan PT Toraja Markisa di Kota Makale dalam hal ini melaksanakan
kegiatan untuk pemasarannya tidak terlepas diri dari suatu penentuan harga
produk yang akan ditawarkan pada konsumen yang bias merasa puas terhadap hasil
produk perusahaan.
Dengan demikian, harga mempunyai peranan serta fungsi yang tidak dapat
dipisahkan dengan fungsi-fungsi lainnya seperti halnya produksi, pemasaran juga
pembelanjaan dan fungsi-fungsi lainnya.
Perusahaan PT Toraja Markisa Kota Makale dalam menjalankan aktivitasnya
sesuai dengan obyek penelitian dalam hal penetapan harga jual kepada langgan
selalu memperhatikan berbagai pertimbangan seperti harga pada perusahaan lain,
daya belu masyarakat, pengawasan dan pengendalian harga oleh pemerintah dan
lain pertimbangan tentang biaya
produksinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar