Powered By Blogger

Jumat, 06 Januari 2017

Pengertian dan Jenis Rasio Keuangan

1. Pengertian Rasio Keuangan

         S. Munawir dalam buku Analisa Laporan Keuangan (1998 : 57) menytakan bahw rasio keuagan dapat menggambarkan suatu mata rantai dan sekaligus dapat diperoleh adanya peimbangan antara suatu jumlah tertentu dengan jumlah lainnya.
      Dalam kenyataan, rasio finansial keuangan terdiri dari dalam jumlah yang banyak karena pada umumnya diketahui bahwa rasio keuangan tersebut dibuat sesuai dengan kepentingan dan target yang akan dicapai dalam proses penganalisaan.
2.   Jenis-Jenis Rasio Keuangan 
            S. Munawir dalam buku Analisa Laporan Keuangan (1998 : 68) mengklasifikasikan berdasarkan sumber data rasio keuangan, sebagai berikut :
       a.  Rasio-rasio neraca (balance sheet rasio) terdiri dari : current atio, acis test ratio, current liabilities to totalassets ratio, dan lain sebagainya.
       b.  Rasio-rasio laporan rugi laba dan laba perusahaan (income statement ratios) terdiri dari gross profit margin, net operation margin, operating ratio dan lain sebagainya.

       c.  Rasio-rasio antar laporan (inter – statement ratios) terdiri dari assets turnover, inventory turnover, receivable dan lain sebagainya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar