Powered By Blogger

Jumat, 06 Januari 2017

Kinerja Keuangan

      Indriyo dalam buku Manajemen Keuangan (1998 : 207) mengemukakan bahwa kinerja keuangan adalah merupakan prestasi keuangan yang dicapai perusahaan dalam periode tertentu.
     Selanjutnya, James C. Van Horne Financial Management Policy (1998 : 9) menyatakan bahwa kinerja keuangan merupakan ukuran prestasi perusahaan, maka keuntungan perusahaan merupakan salah satu alat yang digunakan oleh para manajer.
      Kinerja keuangan juga akan membeikan gambaran efisiensi atas penggunaan dana, mengenai hasil akan kemampuan memperoleh keuntungan dapat dilihat setelah membandingkan pendapatan bersih setelah pajak dan bunga (EBIT) dengan harta.
      Kinerja keuangan adalah suatu rasio keuangan yang mengukur kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan keuntungan dengan sejumlah modal tertentu. Rasio juga dapat memberikan gambaran tentang kontrol perusahaan dalam pengambilan keputusan keuangan.
      Analiasa rasio juga dapat memberikan gambaran tentang kontrol perusahaan dalam pengambilan keputusan keuangan. Menurut Erwin Dukat dalam buku Alat-Alat Analisa Laporan Keuangan (1998 : 113) mengemukakan bahwa kinerja keuangan adalah diukur dengan keberhasilan suatu perusahaan dalam mempertahankan kebijaksanaan deviden yang menguntungkan sementara pada waktu yang bersamaan mampu untuk menunjukkan adanya suatu kenaikan modal yang stabil dan mantap.
      Berdasarkan uraian dan definisi yang dikemukakan para ahli, maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa yang dimaksud dengan kinerja keuangan adalah prestasi yang dicapai perusahaan yang dinyatakan dalam prosentase setelah membandingkan antara hasil yang telah dicapai dengan besarnya modal yang digunakan. Semakin bsar prosentase atas perbandingan tersebut, semakin tinggi prosntase keuangan yang dicapai untuk perusahaan tersebut dan sebaliknya pula.
      Untuk mengetahui kinerja keuangan yang dicapai oleh suatu perusahaan dimaksudkan untuk memberi gambaran tentang efisiensi dan efektivitas yang dicapai perusahaan atas penggunaan dana.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar