Powered By Blogger

Jumat, 06 Januari 2017

Pengertian Laporan Keuangan

      Laporan keuangan dalam neraca dan perhitungan rugi laba serta segala keterangan-keterangan yang dimuat dala lampiran-lampiran antara lain laporan sumber dan penggunaan dana (laporan arus kas).
      D. Hartanto dlam buku Akuntansi Untuk Usahawan (1998 : 8) menyatakan bahwa laporan keuangan adalah untuk memberikan informas tentang posisi kewuangan, kinerja dan arus kas perusahaan yang bermanfaat bagi sebagian besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi.   
      Dari definisi tersebut dapatdisimpulkan bahwa laporan keuangan adalah merupakan hasil akhir dari proes akuntansi yaitu neraca, perhitungan rugi laba, laporan perubahan posisi keuangan serta catatam atas keuangan yang terdiri dari :
1.  Neraca
     Untuk memberikan lebih jelas mengenai pengertian neraca oleh Basu Swastha dalam buku Analisa Neraca (1997: 320) menyataakan bahwa neraca adalah laporan keuangan yang neraca memperlihatkan keadaan keuangan sebuah perusahaan pada suatu saat.Dalam neraca tercantum jumlah kekayaan,  jumlah utang dan modal sendiri dari sebuah perusahaan, dan jumlah kekayaan terlihat pada laporan aktiva yang terdiri dari aktiva lancar, aktiva tetap dan aktiva tak berwujud. Sedangkan utang dan modal sendiri terlihat pada passiva yang terdiri dari hutang lancar, hutang jangka panjang dan modal sendiri. 
2.  Laporan rugi laba
     Laporan rugi laba perusahaan tidak semua informasi keuangan yang penting tercantum dalam neraca. Di dalam neraca tidak terkandung informasi tentang penghasilan dan biaya dari sebuah perusahaan. Laporan yang dapat memberikan informasi tentang penghasilan dan biaya yang dinamakan laporan keuangan.
     Basu Swastha dalam buku Analisa Neraca, (1997: 81) bahwa laporan perhitungan rugi laba adalah laporan perhitungan rugi laba adalah laporan tentang hasil usaha perusahaan atau penghasilan biaya yang diakui perusahaan selama satu periode     tertentu.
      Sesuai dengan definisi di atas disimpulkan bahwa penghasilan adalah imbalan yang diperoleh sehubungan dengan pemberian pinjaman atau pemberian dalam bentuk lain, seperti pemberian dalam bentuk natural. Sedangkan yang dimaksud dengan biaya adalah semua pengeluaran-pengeluaran yang dikeluarkan oleh perusahaan baik pengeluaran-                                                                                                                  pengeluaran untuk mendapatkan suatu aktiva ataupun pengeluarabn karena pemberian fasilitas-faslitas lain.
       Biaya itu banyak macamnya antara lain, biaya listrik, biaya telepon, biaya angkut, biaya perjalanan serta masih banyak lagi biaya yang lain. 
3.   Laporan perusahaan terhadap posisi keuangan
      Laporan posisi keuangan atau laporan aliran dana, atau disebut juga laporan sumber dan penggunaan dana dapat dimasukkan sebagai pelengkap dalam laporan keuan gan.
       Adapun tujuan dari laporan perusahaan posisi keuangan ini terutama adalah untuk memberikan informasi tentang perubahan aktiva lancar dan utang lancar. Jadi titik berat dari laporan ini adalah pada sumber dan penggunaan modal untuk suatu periode.
      Sedangkan yang dimaksud dengan utang adalah pengorbanan ekonomis yang wajib dilakukan perusahaan, dimasa yang akan datang dalam bentuk penyerahan harta atau pemberian jasa yang disebabkan oleh transaksi pada masa sebelumnya, misalya utang dagang, utang obligasi, uang jaminan dari langganan dan lain-lain.
      D. Hrtanto dalam buku Akuntansi Untuk Usahawan (1998 : 19) membagi jenis-jenis utang sebagai berikut :
1. Utang lancar atau utang jangka pendek adalah utang-utang yang penulasannya akan memerlukan sumber-sumber yang digolongkan dalam aktiva lancar atau dengan menimbulkan suatu utang baru yang terdiri    dari :
        - Utang dagang, yaitu utang-utang yang timbul dari pembelia barang-barang dagangan/ jasa.
        - Utang wesel, yaitu utang-utang yang memakai bukti-bukti tertulis berupa kesanggupan untuk membayar pada tanggal tertentu.
        - Taksiran uang pajak, yaitu jumlah pajak penghasilan yang dipegunakan untuk laba peiode yang bersangkutan.
        - Utang biaya, yaitu biaya-biaya yang sudah menjadi beban tetapi belum dibayar, misalnya utang gaji, utang bunga dan lain-lain.
        - Utang-utang lain yang akan dibayar dalam waktu 12 bulan.
2.  Utang jangka panjang digunakan untuk menunjukkan utang-utang yang pelunasannya akan dilakukan dalam waku lebih dari satu tahun atau akan dilunasi dari sumber-sumber yang bukan dari kelompok aktiva lancar.
       Utang yang termasuk utang jangka panjang yaitu utang obligasi, utang wesel jangka panjang, utang hipotik, uang muka dari perusahaan afiliasi, utang kredit bank jangka panjang dan lain-lain. Utang jangka panjang biasanya timbul karena adanya kebutuhan dana untuk pembelian tambahan aktiva tetap, memainkan jumlah modal kerja permanen, membeli perusahaan lain atau untuk melunasi utang-utang yang lain.
3.  Utang-utang lain, misalnya utang obligasi yang akan jatuh tempo tetapi akan dilunasi dari dana pelunasan obligasi, utang jangka panjang kepada pejabat perusahaan atau kepada anak perusahaan dan lain-lain.
 Adapun yang dimaksud dengan modal adalah bagian hak milik dari perusahaan pada umumnya modal terdiri dari atas, modal para pemilik perusahaan misalnya modal usaha.    
4.   Perhitungan rugi dan laba
      Zaki Baridwan dalam buku Pokok-Pokok Dalam Analisa Laporan Keuangan (1998 : 1) menyatakan bahwa laporan perhitungan rugi laba adalah laporan tentang hasil usaha perusahaan atau penghasilan dan biaya yang diakui perusahaan selama satu periode tertentu.
      Penghasilan adalah imbalan yang diperoleh sehubungan dengan pemberian dalam bentuk lain.
       Biya itu banyak macamnya antara lain biaya listrik, biaya telepon, biaya angkut biaya perjalanan serta masih banyak lagi biaya yang lain.
5.   Laporan perubahan posisi keuangan
       Laporan perubahan posisi keuangan ini atau laporan aliran dana, atau disebut juga laporan sumber dan penggunaan dana dapat dimaksudkan sebagai pelengkap dalam laporan keuangan perusahaan.

       Tujuan dari laporan dari laporan posisi keuangan ini terutama adalah untuk memberikan informasi tentang perubahan aktiva lancar dan utang lancar.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar