Keberhasilan suatu organisasi atau perusahaan bukan hanya
tergantung pada bagaimana organisasi atau perusahaan tersebut melakukan
aktivitas rutin dalam seluruh komponen organisasi atau perusahaan. Kinerja merupakan
kondisi yang harus diketahui dan diinformasikan kepada pihak-pihak tertentu
untuk mengetahui tingkat pencapaian hasil suatu organisasi.
Menurut Mulyadi (2001 : 45) menjelaskan bahwa :
“Kinerja adalah penentuan secara periodik efektivitas
operasional suatu organisasi, bagian organisasi dan karyawan berdasarkan
sasaran, standar, dan kinerja yang telah ditetapkan sebelumnya.
Karena pada dasarnya organisasi dijalankan oleh manusia,
maka penelitian kinerja sesungguhnya merupakan penilaian atas perilaku manusia
dalam melaksanakan peran yang mereka mainkan dalam organisasi.
Menurut Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) dalam buku standar akuntansi keuangan
(1999:17) menjelaskan bahwa:
|
Kinerja memberikan gambaran informasi kondisi perusahaan
guna menilai sumberdaya ekonomi perusahaan, informasi kinerja juga dapat
digunakan untuk memprediksi kapasitas perusahaan dalam menghasilkan arus kas
dari sumber daya yang dimiliki.
Dari pengertian diatas maka dapat ditarik sebuah
kesimpulan bahwa kinerja adalah suatu rangkaian aktivitas yang mengambarkan
operasional suatu organisasi, bagian organisasi, dan karyawan berdasarkan
sasaran, standar, dan kriteria yang telah ditetapkan dalam satu periode untuk
menilai efisiensi dan efektivitas atas hasil yang diperoleh dalam kegiatan /
usaha perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar