Powered By Blogger

Minggu, 25 Desember 2016

Pengertian Pengendalian Persediaan

      Sistem pengendalian persediaan mengandung beberapa istilah yang perlu diketahui mengenai pengertian persediaan yang telah diuraikan pada penjelasan sebelumnya. Selanjutnya akan diuraikan mengenai pengertian sistem dan pengendalian.
a.    Pengertian sistem
     Berikut ini akan dikutp beberapa pendapat ahli mengenai pengertian sistem menurut H.A.Harding (1999: 26) sistem adalah sekumpulan bagian yang mempunyai kaitan satu sama lain, yang bersama-sama beraksi menurut pola tertentu terhadap masukan dengan tujuan untuk menghasilkan pola keihlasan.
b.   Pengertian pengendalian
      Sofyan Assauri (1998: 159), dalam hal ini pengawasan adalah kegiatan pemeriksaan dan dasar pengendalian atas kegiatan yang telah dan sedang dilakukan agar kegiatan- kegiatan tersebut dapat sesuai dengan apa yang diharapkan atau yang direncanakan.
       Dari pengertian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa pengendalian adalah suatu tehnik dan untuk mengatur pemeriksaan, pengawasan dan tindakan pencegahan serta memperhatikan pelaksanaan kegiatan kerja untuk kemudian disesuaikan dengan rencana realisasi pelaksanaan kerja. Jadi pengendalian berfungsi untuk mencegah mengurangi kemungkinan timbulnya penyimpangan dari apa yang telah  direncanakan.  
c.   Pengertian pengendalian persediaan
     Untuk dapat mengatur tersedianya suatu tingkat persediaan yang optimun dapat memenuhi kebutuhan dalam jumlah, mutu dan pada waktu yang cepat serta jumlah biaya rendah seperti yang diharapkan maka diperlukan suatu sistem pengawasan persediaan.
      Pengertian pengendalian persediaan menurut Sofyan Assauri ( 1998 :               229 ) menyatakan bahwa  pengawasan persediaan merupakan salah satu kegiatan dan urutan kegiatan-kegiatan yang berkaitan erat satu sama lain dari seluruh operasi produksi perusahaan tersebut sesuatu dengan apa yang telah direncanakan lebih dahulu baik waktu jumlah kualitas maupun biayanya.
      Untuk dapat mencapai persediaan yang optimun, harus memenuhi beberapa syarat pengendalian persediaan, syarat- syarat tersedianya persediaan yang optimun menurut Sofyan Assauri (1998: 229), sebagai berikut :
1. Terdapatnya  gudang  dalam lokasi yang cukup  luas  dan  teratur  dengan   pengaturan  tempat  bahan/barang yang tetap dan  identifikasi bahan/ barang tertentu.       
2.  Sentralisasi    kekuasaan    dan    tanggung  jawab   pada   satu   orang   yang   dapat  dipercaya  terutama  penjaga  gudang.
3.   Suatu sistem pencatatan dan pemeriksaan atas penerimaan bahan/ barang.
4.    Pengawasan mutlak atas pengeluaran bahan/barang
5.  Pencatatan yang cukup teliti yang menunjukkan jumlah yang  dipesan dibagikan/ dikeluarkan dan yang tersedia di dalam gudang.
6.  Pemeriksaan fisik bahan/ barang yang ada dalam persediaan secara langsung.
7.  Perencanaan untuk menggunakan barang-barang yang lebih dikeluarkan barang-barang yang telah lama dalam gudang dan barang-barang yang sudah usang dan keunggulan zaman.
8.   Pengecekan untuk manajemen dapat efektifitasnya kegiatan rutin.

9.   Perencenaan produksi dalam pengendalian kualitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar