Menurut Assauri
(2000:3), menyatakan bahwa konsep segmentasi pasar adalah prestasi kerja yang
berkaitan dengan mengalirnya barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Pengertian
ini menyiratkan bahwa konsep segmentasi pasar merupakan proses kegiatan yang mulai
sebelum bahan-bahan/barang-barang masuk ke dalam proses produksi. Keputusan
segmentasi pasar yang hares dibuat jauh sebelum produksi dihasilkan, seperti
keputusan mengenai produksi, pasarnya, harga dan promosinya. Konsep segmentasi
pasar pada dasarnya meliputi kaitan kebutuhan serta hajat orang dengan segala
produk barang atau jasa supaya terwujud pengalihan pemilikan atas produk barang
atau nikmatnya jasa. Lebih lanjut Indriyo (2000:5), menyatakan bahwa konsep segmentasi
pasar adalah proses pengelolaan dengan mans produk diserasikan dengan pasar. Suatu
perusahaan hanya dapat memasarkan produk yang dapat dipasarkan, dan perusahaan
tersebut hanya dapat menghasilkan produk yang bisa dipasarkan. Pengertian ini
menyebabkan banyak pengusaha atau dunia usaha masih berorientasi pada produksi
atau berpikir dai segi produksi saja. Kemudian oleh Manullang (2001:5),
menyatakan bahwa konsep segmentasi pasar adalah kegiatan-kegiatan pemasaran
yang langsung bertalian dengan upaya-upaya yang dilakukan untuk merangsang
permintaan dan memenuhi permintaan. Konsep segmentasi pasar ini telah banyak
menunjukkan suatu tujuan yang balk dan banyak diterapkan oleh perusahaan. Pada
umumnya perusahaan yang berhasil dalam penerapan konsep segmentasi pasar ini
berorientasi pada tingkat kepuasaan konsumen. Karena sebagaimana diketahui
bahwa perusahaan telah mampu menguasai pasar dalam jangka panjang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar