Menurut Nitisemito (2000:28), bahwa strategi
penetapan segmentasi pasar adalah suatu istilah yang menggambarkan seluruh
unsur segmentasi pasar dan faktor produksi yang dikenakan guna mencapai tujuan
perusahaan. Kemudian oleh Swastha (2000:237), menyatakan bahwa strategi
penetapan segmentasi pasar adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan
yang merupakan inti dari strategi penetapan segmentasi pasar perusahaan, yaitu
produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi.
Kegiatan-kegiatan yang dimaksud dalam pengertian
tersebut adalah termasuk keputusan-keputusan dalam empat variabel yaitu produk,
harga, promosi, dan distribusi.
Selanjutnya oleh Sunawiharja (2001:146), menjelaskan
bahwa strategi penetapan segmentasi pasar sebagai berikut
1.
Mempertimbangkan
kenaikan harga
Jika permintaan
relative inelastic, maka suatu kenaikan harga jual akan meningkatkan
hasil penjualan. Dalam hat ini volume penjualan akan mempengaruhi biaya-biaya
variabel pada suatu tingkat penjualan
tertentu.
2. Mempertimbangkan
suatu pengurangan ukuran atau isi dari kemasan. Pengurangan ini akan mengurangi
biaya variabel pada suatu tingkat penjualan tertentu.
3.
Mempertimbangkan
desain baru
Biaya desain
ini dapat dibebankan pada riset pemasaran, sedangkan biaya pembuatan kemasan
baru lebih mahal, maka dapat dibebankan sebagai biaya variabel.
4.
Mempertimbangkan
perubahan kualitas atau karakteristik produk. Jika biaya bahan lebih mahal maka
biaya variabel persatuan akan naik. Di samping itu budget riset
pemasaran juga akan naik, yaitu pada biaya pengujian.
5.
Mempertimbangkan
untuk mencari-cari cara penurunan biaya distribusi dan pengiriman.
6. Mempertimbangkan
perubahan pengeluaran-pengeluaran untuk riset pemasaran.
7. Kebebasan terbesar
bagi manajer produksi dalam perencanaan adalah contribution margin.
Sejalan dengan pendapat yang dikemukakan oleh Nitisemito,
oleh Kotler (2005, 58), menyatakan bahwa strategi penetapan segmentasi pasar
adalah perangkat variabel-variabel segmentasi pasar terkontrol yang perusahaan
gabungkan untuk menghasilkan tanggapan yang diinginkannya dalam target pasar
atau dengan kata lain merupakan istilah yang menggambarkan seluruh unsur
segmentasi pasar dan faktor produksi yang dikenakan guna mencapai tujuan
perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar