Dengan
menyatukan program-program pemasarannya kepada segmen-segmen yang akan dituju,
manajemen dapat menggunakan sumber-sumber pemasaran dengan lebih efisien dengan
kegiatan pemasaran yang lebih baik lagi. Segmentasi pasar dapat membantu
manajemen dalam hal :
1.
Dapat
membedakan adanya segmen-segmen pasar.
2.
Mengetahui
sifat-sifat atau daya tarik masing-masing segmen.
3.
Mengidentifikasi
dan menyalurkan uang dan usaha ke pasar/segmen yang potensinya paling besar.
4.
Dapat
mengembangkan produk yang tepat, yang dapat memenuhi permintaan pasar.
5.
Menyesuaikan
harga, saluran distribusi dan periklanan bagi masingmasing target pasar dengan
efisien.
6.
Menentukan
cara-cara promosi yang paling efektif bagi perusahaan.
7.
Memilih
media advertensi yang lebih baik dan menentukan bagaimana mengalokasikan
anggaran secara lebih baik ke berbagai macam media.
8.
Mengatur
waktu sebaik-baiknya dalam usaha promosi.
9.
Memenuhi kebutuhan dan keinginan (memberi pelayanan
kepada) konsumen dengan lebih baik, Catur (2001:90).
Kemudian
menurut Lupiyoadi (2001:36), dalam melakukan segmentasi setidaknya ada lima
manfaat yang dapat diperoleh, yaitu :
1.
Mendesain
produk-produk yang lebih responsif terhadap kebutuhan pasar.
2.
Menganalisis
pasar.;
3.
Menemukan
peluang.
4.
Menguasai
posisi yang unggul (superior) dan kompetitif.
5. Menentukan strategi komunikasi yang efektif dan
efisien.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar