Peranan
pemasaran dalam mencapai tujuan perusahaan dapat dilihat dari keuntungan
perusahaan dalam hal ini ditentukan oleh tingkat penjualan- Apabila perusahaan
tidak mampu mencapai volume penjualan yang ditargetkan, berarti penerimaan
hasil penjualan akan lebih rendah dari yang direncanakan yang ada pada akhirnya
keuntungan yang ditargetkan tidak akan dicapai.
Usaha untuk
pencapaian tujuan perusahaan tidak sepenuhnya dilakukan oleh pelaksana atau
Para penjual maupun perlu adanya kerjasama yang rapi antara fungsionaris
perusahaan serta penyalur. Dalam hal ini tetap menjadi tanggung jawab pimpinan
perusahaan dan pimpinanlah yang lebih mengetahui seberapa sukses dan kegagalan
yang dihadapi. Untuk itu pemimpin harus mengkoordinir semua fungsi yang
terdapat dalam perusahaan sebaik mungkin. Definisi omzet penjualan menurut
kamus Bahasa Indonesia (2000:626), adalah jumlah hasil penjualan (dagangan),
omzet penjualan total jumlah penjualan barang/jasa dari laporan laba-rugi
perusahaan (laporan operasi) selama periode penjualan tertentu. Dari definisi
di atas dapat dikemukakan bahwa yang dimaksud dengan omzet penjualan adalah
total jumlah barang dan jasa yang dihitung berdasarkan jumlah laba bersih dari
laporan laba-rugi perusahaan (laporan operasi) selama suatu masa jual.
Pada umumnya
suatu perusahaan mempunyai 3 (tiga) tujuan dalam melakukan penjualan, yaitu :
1.
Mencapai
volume penjualan tertentu
2.
Mendapatkan
laba tertentu
3. menunjang pertumbuhan perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar