Besar kecilnya profit margin pada setiap transaksi penjualan ditentukan
oleh kedua faktor yaitu net sales laba usaha. Besar kecilnya laba usaha atau
net operating income tergantung kepada pendapatan dari sales dan besarnya biaya
usaha (operating expenses).
Bambang Riyanto, dalam bukunya
Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, (2004 : 31) dengan jumlah operating
expenses tertentu dengan profit margin dapat diperbesar dengan sales, atau
dengan jumlah sales tertentu, profit margin dapat diperbesar dengan menekan
atau memperkecil operating expenses.
Dengan demikian, untuk memperbesar profit margin ada dua alternatif dalam
usaha untuk memperbesar profit margin, yaitu :
1. Dengan menambah biaya usaha (operating
expenses) sampai pada tingkat tertentu diusahakan tercapai tambahan sales
yang sebesar-besarnya atau dengan kata lain, tambahan sales harus lebih besar
dari pada tambahan operating expenses.
2. Perubahan besarnya sales dapat
disebabkan karena perubahan harga penjualan per unit apabila volume sales dalam
unit sudah tertentu (tetap) atau disebabkan karena bertambahnya luas penjualan
dalam unit kalau tingkat harga per unit produk sudah tertentu.
Dengan demikian dapatlah dikatakan bahwa
pengertian menaikkan tingkat sales disini dapat berarti memperbesar pendapatan
dan sales dengan jalan, sebagai berikut :
1.
Memperbesar volume sales dalam unit pada tingkat harga penjualan barang
tertentu.
2.
Menaikkan harga tingkat penjualan per unit pada produk luas sales dalam
unit tertentu.
Dengan mengurangi pendapatan dari sales sampai tingkat
tertentu diusahakan adanya pengurangan oprating expenses yang sebesar-besarnya,
atau dengan kata lain mengurangi biaya usaha relatif lebih besar dari pada
berkurangnya pendapatan dan sales. Meskipun jumlah dari pada sales selama
periode tertentu berkurang, tetapi oleh karena disertai berkuragnya operating
expenses yang lebih sebanding maka akibatnya ialah bahwa profit marginnya makin
besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar