Perkembangan
Pembelanjaan dalam perusahaan dapat berubah-ubah setiap saat harus mengikuti sesuai
dengan perkembangan perusahaan dalam dunia bisniss. Dalam mempelajari keadaan
pembelanjaan pada saat ini, kita harus melihat latar belakang untuk mengetahui
sejarah pemikiran dan praktek pembelanjaan. Perspektif sejarah sejaumana untuk
mengerti mengapa praktek-praktek pembelanjaan yang sekarang terjadi seperti
yang kita lihat. Pengkajian sejarah juga akan membantu kita untuk melihat
kemungkinan-kemungkinan adanya perkembangan di masa yang akan datang.
Salah satu fungsi
pembelanjaan perusahaan yaitu bagaimana usaha untuk mendapatkan dana yang
dibutuhkan oleh perusahaan dengan cara yang menguntungkan dan juga bagaimana
menggunakan dana yang ada secara efektif dan efisien di dalam perusahaan.
Untuk memperoleh pengertian yang lebih
jelas mengenai pembelanjaan perusahaan, sdebaiknya terlebih dahulu kita
menelaah tentang pengertian pembelanjaan sebagaimana yang diperhadapkan kepada berbagai persoalan yang menyangkut
masalah keputusan di bidang keuangan.
Mengenai fungsi fungsi pembelanjaan
perusahaan menurut James Van Horne (2003
: 11) mengemukakan bahwa the function of
finance can be broken down into the three major decisions the firm must make
the investment decision, the financing decision and the devidend decision. Each
mush beconsidered in relation to objective of the firm.
Definisi tersebut dimaksudkan bahwa
fungsi pembelanjaan perusahaan mencakup tiga jenis pengambilan keputusan, yaitu
pengambilan keputusan investasi (investment
decision), keputusan pembelanjaan (financing
decision) dan keputusan mengenai kebijaksanaan deviden (dividend decision).
Selanjutnya Pearson Hunt, (2000 : 3) juga
membahas tentang fungsi pembelanjaan perusahaan dengan menitik beratkan pada
hubungannya dengan pengambilan keputusan mereka berpendapat bahwa pengambilan
keputusan untuk berinvestasi pada perusahaan tentu mempunyai analisa dan
pertimbangan-pertimbangan berdasarkan dari laporan keuangan perusahaan.
Dengan demikian, dari pengertian tersebut
bahwa fungsi pembelanjaan perusahaan
adalah masalah yang utama perusahaan dalam usahanya untuk mencapai
sasaran/ tujuan yang diharapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar