Powered By Blogger

Selasa, 20 Desember 2016

Pengertian Biaya Terkendali

Didalam akuntansi pertanggungjawaban, pemisahan biaya terkendalikan dan biaya tidak terkendalikan perlu dilakukan karena manajer suatu pusat pertanggungjawaban tidak dapatmengendalikan semua biaya yang terjadi dalam pusat pertanggungjawaban. Oleh sebab itu pada saat pertanggungjawaban realaisasi anggaran biaya yang disusunnya hanya biaya-biaya yang terkendalikan oleh manajer tersebut yang harus dilaporkan dan pertanggungjawaban.
Pengertian biaya terkendali dikemukakan oleh Mulyadi (1993: 382) menyatakan bahwa biaya terkendali adalah biaya didapat secara langsung dipengaruhi oleh seseorang manajer dalam jangka waktu tertentu.
Kalau menurut Robert N. Anthony dan Roger H (1990: 64), sebagai berikut biaya yang dapat dikendalikan adalah suatu elemen biaya yang bersifat dapat dikendalikan bila jumlah biaya yang dikeluarkan dalam (atau dibebankan pada) suatu pusat pertanggungjawaban dipengaruhi secara berarti oleh tindakan manajer dari pusat pertanggungjawaban itu.
Dari definisi di atas terdapat hal yang penting yang dapat diperoleh yaitu berkenan dengan pusat pertanggung jawaban tertentu yang menerangkan nahwa hal yang dapat dikendalikan akan dihasilkan dari beberapa pengaruh, tetapi bukan pengaruh secara lengkap.

Dengan definisi di atas terdapat hal yang penting dapat diperoleh yaitu berkenan dengan pusat pertanggung jawaban tertentu yang menerangkan bahwa hakl yang di     kendalikan akan dihasilkan beberapa pengaruh secara lengkap. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar