Promosi merupakan salah satu bagian dari
rangkaian kegiatan pemasaran suatu barang. Sebagai dasar pengembangan kegiatan
promosi adalah komunikasi. Dengan komunikasi ini seseorang. lembaga-lembaga
atau masyarakat dapat saling mengadakan interaksi.
Menurut Indriyo dalam bukunya manajemen
pemasaran (2000:245) komunikasi pemasaran adalah
kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh penjual dengan pembelinya dan merupakan
kegiatan yang membantu dalam pengambilan keputusan di bidang pemasaran serta
mengarahkan pertukaran agar lebih memuaskan dengan cara menyadarkan semua pihak
untuk berbuat lebih baik, Jadi komunikasi pemasaran itu
merupakan pertukaran informasi dua arah antara pihak-pihak atau lembaga-lembaga
yang terlibat dalam pemasaran.
Menurut Mursid dalam bukunya manajemen pemasaran, (1997:95) Promosi adalah komunikasi yang
persuasif, mengajak, membujuk dan meyakinkan. Ciri dari komunikasi yang
persuasif adalah: ada komunikator yang mengatur berita dan cara penyampaiannya
mendapatkan akibat tertentu bagi si penerima (target pendengar). Kemudian Niisemito
dalam bukunya (1999:122) memberikan pengertian promosi sebagai berikut : promosi
adalah arus informasi yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi
kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
Promosi merupakan salah
satu variable di dalam marketing mix yang sangat penting dilaksanakan oleh
perusahaan dalam pemasaran produk atau jasanya. Kadang-kadang istilah promosi
digunakan secara sinonirn dengan istilah penjualan meskipun yang dimaksud
adalah promosi. Sebenarnya istilah penjualan itu hanya meliputi kegiatan
pemindahan barang/jasa atau penggunaan penjual saja, dan tidak terdapat
kegiatan periklanan atau kegiatan yang lain ditujukan
untuk mendorong permintaan. Jadi, penjualan hanya
merupakan bagian dari promosi.
Istilah promosi menurut Alma buchari manajemen dan pemasaran jasa (2005:178)
mengartikan sebagai berikut: "Promosi adalah suatu benluk komunikasi pemasaran
Yang merupakan aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi,
mempengaruhi/membujuk dan/atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan
produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan
perusahaan yang bersangkutan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar