Strategi promosi
menggabungkan periklanan, penjuaian perorangafi, promosi penjuaian, dan publisitas
menjadi suatu program- terpadu untuk berkomunikasi dengan para pembeli dan
orang lain yang mempengaruhi keputusan membeli. Aktivitas promosi sangat
mempengaruhi penjuaian yang dicapai perusahaan. Promosi digunakan untuk
menginformasikan kepada orang mengenai produk-produk dan meyakinkan para
pembeli dan masyarakat umum untuk membeli barang-barangnya.
Menurut Fandy Tjiptono dalam bukunya strategi pemasaran
(1997:249), strategi promosi penjuaian adalah suatu rencana kegiatan yang
dilakukari untuk meningkatkan permintaan dari para pemakai atau konsumen akhir
yang bertujuan untuk meningkatkan omset penjuaian dengan jalan mempengaruhi
konsumen secara langsung. Sedangkan menurut cravens
dalam bukunya pemasaran
stategis, (2002:77), strategi promosi penjuaian adalah perencanaan dan
pengendalian komuriikasi dari suatu organisasi kepada para konsumen dan sasaran
lainnya.
Dapat 'disimpulkan bahwa strategi promosi penjuaian adalah perencanaan atau
kegiatan dari suatu organisasi/perusahaan agar dapat mencapai sasaran sehingga
tujuan yang diinginkan dapat terwujud.
Strategi promosi penjualan dapat juga
dikaitkan dengan teknik pemasaran tanggapan langsung. Berbagai macam permainan
dan hadiah bisa disertakan dalam pengiriman surat penawaran produk kepada calon
pelanggan misalnya bingkisan-bingkisan seperti jam mobil. Promosi penjualan yang dilujukan bagi pembeli akhir yang berupa
pencarian dan pencobaan produk pelanggan baru. Strategi promosi penjualan
dilakukan untuk -membantu dan merangsang kekuatan penjualan perusahaan,
rnendorong pameran dan promosi penjualan yang aktif di tempat pembelian dan
mengusahakan agar calon pembeli mencoba suatu produk baru.
Fungsi dari strategi promosi penjualan adalah untuk mencapai tujuan
komunikasi. Teknik-teknik komunikasi dan insentif memberikan beberapa
keuntungan, promosi penjualan dapat digunakan untuk menargetkan pembeli,
menjawab kesempatar khusus, dan menciptakan insentif pembelian. Dalam
mengembangkan strategi promosi penjualan pertama-tama perlu didefenisikan
tugas-tugas komunikasi yang diharapkan dicapai oleh program promosi penjualan.
Barikutnya tujuan-tujuan promosi khusus ditetapkan menyangkut kesadaran dan
keinginan membeli. Perlu dievaluasi penghematan relatif dari metode-metode
promosi penjualan yang wajar dan memilih metode-metode yang menawarkan
kombinasi antara hasi' dan biaya yang terbaik. Baik isi promosi penjualan
maupuri waktu harus dikoordinasikan dengan kegiatan-kegiatan promosi lainnya.
Akhirnya program ini dilaksanakan dan dievaluasi berdasarkan kesinamburigannya.
Evaluasi mengukur sejauh mana tujuan telah dicapai. Misalnya hasil-hasil
pameran dagang dapat dievaluasi untuk menentukan berapa banyak kontak yang
dilakukan berubah menjadi pembelian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar