Promosi merupakan salah satu unsur atau variabel dalam
marketing mix yang bertujuan untuk
memperkenalkan,mengingatkan,membujuk serta memberitahukan konsumen mengenai
suatu produk atau barang maupun jasa yang ditawarkan.
Bagi
perusahaan yang menginginkan agar produknya habis terjual sudah tentu harus
menggunakan strategi pemasaran yang baik.Strategi yang digunakan oleh
perusahaan seperti perencanaan produk,penentuan harga dan saluran distribusi
kurang berarti tanpa didukung dengan usaha mempromosikan produk hingga ke
tangan konsumen. Masalah semakin ketatnya persaingan di antara para pengusaha
dalam memperebutkan pasar yang sama sedikit banyaknya turut memegang peranan
terhadap pemakaian sarana promosi secara meluas pada setiap perusahaan.
Gejala
pemakian promosi secara meluas hampir menjangkau segala bidang usaha, baik
usaha yang berorientasi bisnis maupun usaha non bisnis. Kesemuanya mengharapkan
agar apa yang dihasilkan untuk konsumen mencapai sasaran.
Perusahaan
atau lembaga pembawa pesan berusaha mengadakan komunikasi dengan masyarakat
agar dapat membujuk dan mempengaruhinya untuk mengikuti keinginan perusahaan.
Misalnya saja, departemen kesehatan sebagai lembaga non bisnis mempromosikan
program Keluarga Berencana pada masyarakat supaya mengikuti anjuran tersebut.
Sama halnya dengan perusahaan bisnis yang mempengaruhi masyarakat atau konsumen
melalui usaha promosi agar mau membeli produknya.
Untuk
mengetahui dan mengenal secara mendalam mengenai apa sebenarnya promosi itu,
maka berikut ini akan diketengahkan beberapa pendapat para ahli.
Menurut pendapat Winardi (1989 : 23) bahwa
:Promosi adalah metode-metode yang berhubungan dengan usaha-usaha untuk
mengkomunikasikan kepada pasar target produk yang tepat yang harus dijual pada
tempat yang tepat dan dengan harga yang tepat pula.
Pada
pokoknya pendapat ini menguraikan tentang bagaimana perusahaan itu menyampaikan
informasi yang tepat pada konsumen yang tepat pula mengenai produk perusahaan,
dan mampu menyakinkan konsumen bahwa konsumen tidak salah dalam memilih produk
dengan harga yang pantas. Keberhasilan perusahaan dalam mempromosikan produknya
terlihat dari besarnya minat konsumen untuk membeli.
Pendapat
yang dikemukakan di atas, menegaskan mengenai pemakaian metode untuk
berkomunikasi dengan pasar sasaran, sudah seharusnya disesuaikan dengan kondisi
yang ada. Maksudnya, setiap metode yang digunakan terlebih dahulu harus
dicocokkan dengan pasar targetnya, apakah ditujukan pada konsumen kelas atas
ataukah kelas menengah ke bawah. Dengan demikian perusahaan dapat menentukan
metode yang tepat dalam mengkomunikasikan pesan yang hendak disampaikan pada
pasar sasaran.
Sesuai
dengan masalah yang dihadapi, masalah penulisan ini lebih lanjut membahas salah
satu variabel dalam marketing mix yaitu
promotion (promosi) sebagai faktor yang dititikberatkan. Untuk menetapkan
kebijakan promosi, perusahaan perlu memperhatikan kombinasi strategi yang
paling baik dari unsur-unsur promosi agar diperoleh suatu kebijakasanaan yang
efektif.
Pengertian
promotional mix menurut Swastha yang
dikutip dari karangan Angipora (2002 : 338) yaitu : ”Promosi adalah kombinasi
strategi yang paling baik dari variabel-variabel periklanan, personal selling,
dan alat promosi lainnya yang kesemuanya mencapai program penjualan”.
Sedangakan
pengertian menurut Kotler promotional mix
terdiri dari empat alat utama yaitu :
1.
Advertising : kegiatan pemasaran yang biasanya dilakukan oleh bank
2.
Sales promotion : kegiatan promosi penjualan yang
dilakukan bank
3.
Publicity : kegiatan dalam memperkenallkan produk
4.
Personal selling : kegiatan bank untuk melakukan
kontak langsung
Dari pendapat di atas,
dapat diartikan bahwa iklan merupakan setiap bentuk penyajian non-personal dan
promosi ide-ide, barang dan jasa dengan pembayaran oleh suatu sponsor tertentu.
Promosi penjualan
adalah rangsangan jangka pendek, untuk merangsang pembeli atau penjual suatu
produk atau jasa. Publisitas adalah suatu stimulasi non personal terhadap
permintaan produk, jasa menyebarluaskan berita-berita komersil yang penting
mengenai kebutuhan akan produk tertentu disuatu media yang disebarkan di radio,
televisi atau panggung yang dengan tidak dibayar oleh pihak sponsor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar