Tujuan utama promosi menurut Alma dalam
bukunya (2005:181) ialah memberi informasi, menarik perhatian dan selanjutnya
memberi pengaruh meningkatnya penjualan. Sedangkan
tujuan pokok dari promosi yang telah dikemukakan oleh Basu Swastha dalam
bukunya manajemen
penjualan (1998:124) adalah untuk meningkatkan permintaan bagi produk.
Permintaan dapat ditingkatkan dengan cara :
a) Menaikkan jumlah pembeli
b) Dan atau menaikkan tingkat penggunaan barang di antara pembeli yang ada.
Pembeli baru mungkin berasal dari pembeli
merk saingan. Sedangkan tingkat penggunaan yang semakin besar dapat terjadi
bilamana perusahaan selalu mengingatkan pembeli untuk rnenggunakan merknya atau
dapat pula mengatakan pada pembeli tentang panggunaan baru dari produknya. Tujuan
periklanan bagi suatu barang akan tergantung pada tahap yang ada di dalam
siklus kehldupan produk tersebut. Biasanya promosi dilakukan untuk:
a. Memberikan kesadaran pada
pembeli tentang adanya produk baru tersebut
b.
Mendorong distribusi merk baru
c.
Menunjukkan kepada pembeli dengan suatu
alasan bagi pembeli produk baru. Semua itu ditujukan
untuk mempertahankan posisi pasar produk tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar