Pengertian Discount Price menurut
Mahmud Machfoedz dalam bukunya Pengantar Ekonomi Modern (2005:141) adalah Potongan
harga yang menarik, sehingga harga sesungguhnya lebih rendah dari harga umum. Discount
yang diberikan harus mempunyai arti yang penting bagi konsumen, kalau tidak,
tidak ada artinya..
Perusahaan
umumnya akan menyesuaikan daftar harga mereka dan memberikan diskon atau
potongan untuk setiap pembayaran yang lebih cepat, pembelian dalan jumlah
besar, dan pembelian diluar musim. Perusahaan harus melakukan hal itu secara
hati-hati atau mereka akan menemukan bahwa laba mereka jauh lebih kecil
dibanding yang direncanakan. Adapun
macam-macam diskon sebagai berikut :
1. Diskon Tunai
Diskon tunai adalah
pengurangan harga untuk pembeli yang segera menbayar tagihannya.
2. Diskon Kuantitas
Diskon Kuantitas adalah
pengurangan harga bagi pembeli yang membeli dalam jumlah yang besar. Diskon
kuantitas harus ditawarkan sama untuk semua pelanggan dan tidak boleh melebihi
penghematanbiaya yang diperoleh penjual karena menjual dalam jumlah besar.
3. Diskon Fungsional
Juga disebut dengan diskon
perdagangan, ditawarkan oleh produsen kepada para anggota saluran perdagangan
jika mereka melakukan fungsi-fungsi tertentu, seperti menjual, menyimpan atau
melakukan pencetatan. Produsen boleh memberikan diskon fungsional yang berbeda
bagi saluran perdagangan yang berbeda tetapi harus memberikan diskon fungsional
yang sama dalam tiap saluran.
4.
Diskon Musiman
Diskon Musiman adalah pengurangan harga untuk
pembeli yang membeli barang atau jasa diluar musimnya. Produsen akan
memawarkan diskon musiman untuk pengecer pada musim semi dan musim panas untuk
mendorong dilakukannya pemesanan lebih awal. Hotel, Motel, dan perusahaan
penerbangan juga menawarkan diskon musiman pada periode-periode penjualan yang
lambat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar