1. Pengertian Pemasaran
Pemasaran merupakan salah satu dari
kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan
kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan mendapatkan laba. Sehingga sejak
orang mengenal kegiatan pemasaran telah banyak defenisi-defenisi pemasaran yang
dikemukakan.
|
Pengertian diatas menerangkan bahwa
pamasaran adalah jauh lebih luas daripada penjualan. Pemasaran mencangkup usaha
perusahaan yang dumulai dengan mengidentifisier kebutuhan konsumen yang perlu
dipenuhi, menentukan produk yang perlu diproduksi, menentukan harga yang
sesuai, menentukan cara-cara promosi dan penyaluran / penjualan produk.
Berdasarkan pengertian diatas
sebagaimana yang telah dikemukakan dapat disimpulkan bahwa pemasarn adalah
kegiatan yang mencangkup penilaian kebutuhan dan kegiatan konsumen, penelitian
pemasaran dan pengenalan pasar.tepat apabila dikatakan bahwa pemasaran
merupakan suatu bentuk kegiatan manusia yang diarahkan kepada pemuasan dan
pemenuhan keinginan orang atau pihak lain melalui proses pertukaran.
2.
Fungsi-Fungsi Pemasaran
Pada sebuah perekonomian pasar,
sedikitnya ada enam buah fungsi yang memenuhi kriteria untuk dinyatakan sebagai
“FUNGSI PEMASARAN” adapun kriteria sebagai berikut:
1.
Fungsi yang bersangkutan harus intern dengan
situasi-situasi pemasaran ekonomi (mencapai laba) dan social.
2.
Fungsi tersebut harus dapat dilaksanakan oleh para
pembeli maupun oleh para penjual.
Keenam buah fungsi pemasaran adalah :
1.
Analisis
pasar
2.
komunikasi
pemasaran
3.
Diferensiasi
produk
4.
Segmentasi
pasar
5.
Penilaian
6.
Pertukaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar