Di dalam pemasaran, yang
diibaratkan sebagai suatu medan tempur bagi
para produsen dan para pedagang, maka perlu ditetapkan strategi bagaimana
memenangkan peperangan. Banyak lawan yang dihadapi dalam medan pasar,
sebagaimana halnya musuh dalam perang militer. Oleh sebab itu, perusahaan
memerlukan strategi.
Stretegi pemasaran memainkan
peran yang sanrjat penting dalam membantu kesuksesan suatu persahaan.
Meningkatnya kepentingan tentang kepuasan konsumen, perbedaan dunia bisnis,
perubahan teknologi yang cepat dan tantangan persaingan global nrienuntut
strategi pemasaran tintuk mempertahankan dan mengembangkan keuriggulan bersaing
suatu perusahaan pemasaran strategis mengkaji konsep dan proses untuk
memperoleh keuntungan bersaing dalam dunia bisnis.
Menurut Lesser Robeit Bittel yang diki'tip oleh Alma
(2005:199), defenisi strategi ialah
suatu rencana yang fundamental untuk mencapai tujuan perusahaan.
Sedangkan menurut Porter
(1997:12), strategi adalah pola/rencana kegiatan mengenai cara bisnis bersaing,
tujurn yang ingin dicapai dan kebijakan apa yang diperlukan untuk mencapai
tujuan tersebut. v Dapat disimpulkan bahwa strategi perusaraan
adalah pola keputusan dalam perusahaan yang menentukan dan mengungkapkan
sasaran, maksud atau tujuan yang direncanakan untuk pencapaian tujuan serta
merinci jangkauan bisnis yang akan dikejar oleh perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar