Pengendalian
menurut Sondan P.Giagian (1999: 16) pada prinsipnya dapat memperhatikan suatu
kegiatan dan selalu mengawasi aktivitas sehari-hari, maka pengendalian ada
suatu batasan dalam melaksanakan kergiatan. Kegiatan pengendalian sangat erat
hubungannya dengan fungsi-fungsi manajemen lainnya, pleh karena kegiatan
pengendalian ini dapat dilihat apakah tujuan kegiatan yang telah direncanakan
dapat dicapai dalam pelaksanaan secara riil..
Jadi pada
dasarnya pengendalian di atas. didefinisikan bahwa, pengendalian adalah proses
atau usaha yang sistimatis dalam penetapan standar pelaksanaan dengan tujuan
perencanaan, sistem informasi umpan balik, membandingkan pelaksanaan nyata
dengan perencanaan menentukan dan mengatur penyimpangan-penyimpangan serta
melakukan koreksi perbaikan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan,
sehingga tujuan tercapai secara efektif dan efisien.
Dilihat dari tahapan perencanaan dan
pengendalian merupakan unsur-unsur yang dominan dalam manajemen . Seluruh
kegiatan yang dapat dilaksanakan unsur fungsi pelaksanaan dalam pengendalian
yang merupakan bagian terbesar dalam manajemen. Kagiatan pengendalian mencukupi
perencanaan, pengawasan, monitoring, evaluasi dan koreksi.
Perencanaan dan pengendalian
merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dalam pelaksanaan kegiatan. Dalam
pelaksanaan yang memerlukan usaha yang sungguh-sungguh dan sangat tergantung
pada sistem pengendalian yang efektif dan sistem informasi yang digunakan.
Agar dapat melaksanakan pengendalian
yang efektif, maka seorang pimpinan atau pelaksanan tugas memerlukan informasi,
sebagai berikut :
a. Biaya yang digunakan apakah sesuai dengan hasil dari bagian
pekerjaan yang telah dilaksanakan. Jika terjadi perbedaan (lebih besar atau
lebih kecil dari rencana biaya) di mana dimana hal terjadi dan siapa yang
bertanggung jawab dan apa yang dikerjakan.
b. Merupakan biaya yang akan datang sesuai dengan
rencana atau melebihi rencana. Tanggung jawab pengendalian tidak hanya pada
manajer saja tetapi merupakan tanggungjawab semua orang yang terlihat pada
aktivitas tersebut agar dapat mengerjakan bagiannya dengan baik dan tepat
waktu.
c. Menurut Suprityono, dalam pengertian yang sama,
namun diungkapkan dengan sederhana.
Pengendalian
adalah proses untuk memberikan kembali menilai dan selalu memonitor
laporan-laporan apakah untuk pelaksanaan tidak menyimpang dari tujuan yang
sudah yang sudah ditentukan.
Nupriyoni (1998: 5) berpendapat
bahwa pengendalian bertumpu pada konsep umpan balik, yang secara kontinyu
mengharuskan adanya pengukuran pelaksanaan dan pengambilan tindakan koreksi
yang ditujulkan untuk menjamin pencapaian tujuan-tujuan. Untuk proses pengendalian ini, maka
pengendalian itu harus segera memuncul suatu masalah dalam manajemen sedapat
mungkin mendapatkan informasi yang tepat dan upa to date, agar para manajer
dapat segera mengadakan tindakan-tindakan pengendalian sebelum sesuatu penyimpangan
serius. Karena pengendalian yang teratur akan menghasilkan suatu pencapaian
yang efektif.
Aspek-aspek yang perlu diperhatikan
dalam proses pengendalian menurut Glenn A. Welch (2000: 9), sebagai berikut :
- Perbuatan ukuran sebelumnya menetapkan objek,
standar dan perencanaan.
- Komunikasi (laporan) hasil yang baik dalam ukuran
proses agar individu dapat cocok dalam kelompok.
- Subuah analisis yang menyimpang untuk objek dalam
kebijakan perencanaan dan standar ukuran pada order faktor yang perlu
mendapat garis bawa..
Jadi menurut pengertian di atas,
bahwa dalam suatu proses pengendalian mencakup pengukuran pelaksanaan dengan
rencana yang telah dibuat dan pelaporan hasil pengukuran kepada manajer yang
bersangkutan. Untuk mengukur suatu pelaksanaan dilakukan dengan cara analisis
varians, untuk menentukan sebab-sebabnya, sehingga untuk dapat dilakukan
pemilihan alternatif yang terbaik untuk menentukan rencana yang akan datang.
Agar lebih efektif proses pengendalian ini harus pada titik atau pada waktu
mulai dilakukan kegiatan, artinya
seorang manajer yang bertanggungjawab akan tindakan tertentu sebelumnya harus
mengusahakan suatu bentuk pengendalian. Untuk itu tujuan-tujuan rencana-rencana
dan kebijaksanaan-kebijaksanaan dan standar-standar yang telah ditetapkan harus
disampaikan kepada manajer dan dipahami sepenuhnya oleh manajer tersebut
terlebih dahulu untuk kemudian dilaksanakan pelaksanaan itu harus tetao
dimonitor apakah sesuai dengan rencana semula.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar