Biaya produksi pada perusahaan dalam kaitannya anggaran produksi, tidak
terlepas pada biaya proses dalam produksi, untuk mengetahui biaya-biaya yang
digunakan untuk memproduksi barang sesuatu menjadi barang jadi, sehingga
anggaran biaya produksi dapat diketahui jumlahnya.
Proses penganggaran menurut Gunawan
Adisaputra, (1998 : 23), mempunyai beberapa tujuan :
- Anggaran menyajikan perencanaan keuangan yang memungkinkan perusahaan
untuk dapat mengkoordinasikan semua aktivitasnya. Dengan menggunakan
anggaran para manajer dapat memproyeksikan hasil dan mengatur strategi
yang dibutuhkan sebelum operasi perusahaan dapat dimulai, sehingga dapat
menghindari kesalahan yang merugikan perusahaan.
- Proses penganggaran mendorong para manajer untuk
menguji kembali prestasi yang pernah diraih dan memungkinkan mereka
mengubah kembali dan mengoreksi metode operasi yang kurang efisiensi
ketinggalan jaman.
- Anggaran
untuk dapat memungkinkan para manajer untuk
memberikan mengimpelementasikan fungsi perencanaan dan pengawasan.
Berdasarkan pengertian di atas,
Calvin Engler (1999: 305), mengemukakan bahwa, anggaran itu sebagai perencanaan
dalam sesuatu kegiatan untuk melaksanakan tersebut. Agar supaya anggaran dapat
berfungsi sebagai alat koordinasi dan kontrak, maka masing-masing manajer harus
satu tahun jelas luas kekuasaan dan tanggungjawabnya. Ini supaya tidak terjadi
overlapping yang mungkin menyebabkan keruwetan dan kekaburan mengenai tugas
masing-masing yang telah dibebankan. Demikian pula dengan anggaran dapat
berfungsi sebagai alat motivasi kalau setiap manajer dan kepala bagian
diikutsertakan dalam penyusunan perencanaan anggaran ini berarti perlu adanya
pendelegasian wewenang kepada masing-masing
manajer, untuk itu menyusun
anggaran operasionya. Dengan demikian masing-masing manajer akan merasa bertanggung
jawab sehingga timbul partisipasi untuk mencapai target yang telah ditetapkan
dalam anggaran.
Dari berbagai pengertian yang
dikemukakan kesemuanya itu menunjukkan sifat yang sama, yaitu bahwa anggaran
itu merupakan suatu rencana kegiatan yang tertulis mengenai apa yang dilakukan
oleh suatu organisasi meliputi peramalan pendapatan dan pengeluaran penerimaan
dan biaya-biaya selama periode tertentu yang dikonversi dalam kesatuan nilai
atau moneter.
Menurut D. Hartanto (2002: 131) ada 4
(empat) macam anggaran sebagai berikut :
- Appropriation budget
- Performance budget
- Fixed budget
- Flexible budget.
ad 1. Appropriation budget adalah untuk memberikan
batas pengeluaran yang boleh dilakukan. Batas tersebut merupakan jumlah maximun
yang dapat dikeluarkan untuk satu hal tertentu. Macam anggaran ini pada umumnya
digunakan dalam pemerintahan. Namun bagi perusahaan untuk hal-hal tertentu
sangat terbatas keinginannya seperti, hanya untuk penelitian dan advertising
saja.
ad 2.
Performance budget adalah anggaran yang didasarkan pada atas fungsi
aktivitas dan proyek. Pada anggaran ini perhatian ditujukan pada penilaian atau
biaya-biaya yang dikeluarkan untuk suatu hal tertentu. Dengan demikian
efisiensi dan efektifitas operasi dapat diketahui. Di dalam perusahaan anggaran
yang lazim digunakan adalah formance budget.
ad 3. Fixed budget adalah anggaran yang dibuat untuk
satu tingkat kegiatan selama jangka waktu tertentu, dimana tingkat kegiatan ini
dapat dinyatakan dalam prosentase dan kapasitas jumlah produk yang dihasilkan
selama jangka waktu tertentu pada Foxed budget hanya digunakan jika diketahui
dengan pasti bahwa volume real yang akan dicapai tidak jauh berbeda dengan
volume yang direncanakan semula.
ad 4. Flexible budget adalah bahwa untuk setiap
tingkat kegiatan terdapat norma-norma atau ketentuan antara biaya-biaya yang
diperlukan. Norma merupakan patokan dari pengeluaran yang seluruhnya dilakukan
pada masing-masing tingkat kegiatan
tersebut.
Dalam penyusunan anggaran suatu
perusahaan perlu diperlukan beberapa syarat seperti yang dilakukan oleh Gunawan
Adisaputra dan Marwan Asri (1998: 7) menyatakan bahwa di dalam penyusunan
anggaran perusahaan, maka perlu diperlukan beberapa syarat bahwa anggaran harus
realitis, luwes dan kontinyu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar