Pengawasan adalah merupakan salah satu fungsi dari
management, oleh karena itu dalam melaksanakan pengawasan yang baik apakah
instansi pemerintah maupun instansi swasta pada perusahaan-perusahaan terlebih
dahulu harus dipahami arti tentang arti management itu sendiri. Dengan uraian
di atas ini, maka untuk mengetahui pengertian management maka terlebih dahulu
diketahui pengertian management, yang mana dikemukakan oleh beberapa ahli
fungsi-fungsi tentang apakah penenpatannya dalam memanfaatkan wewenang yang
telah dilimpahkan pada masing-masing karyawan.
Winardi,
(1999: 28), sebagai berikut Manajemen
adalah suatu proses yang terdiri dari pada tindakan-tindakan planning,
organizing, actuating serta controlling di mana pada masing-masing bidang
digunakan baik ilmu pengetahuan maupun keahlian untuk mencapai sasaran-sasaran
yang telah ditetapkan.
Berdasarkan
uraian tersebut di atas, maka dapat
digambarkan bahwa proses yang dapat memberikan suatu perencanaan untuk
dapat dimotivasi tentang apa yang akan dikerjakan yang datang, yang diikuti
organisasi dan disertai pengawasan sebagai pelaksanaan tugas pekerjaan yang
dilimpahkan kepadanya.
Sedangkan oleh S.P. Siagian, (1996: 28),
menyatakan bahwa Manajemen adalah kemampuan
atau keterampilan untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka perencanaan
tujuan melalui kegiatan orang lain.
Dari
definisi tersebut di atas, maka penulis dapat menarik suatu kesimpulan bahwa
management adalah merupakan suatu proses kegiatan dan usaha manusia untuk
mencapai tujuan dengan melalui suatu kerja sama dengan orang lain. Maka melihat
batasan pengertian management, maka yang memegang peranan adalah faktor-faktor
tenaga kerja, dalam hal mana disebabkan karena faktor manusia sebagai tenaga kerja
yang mempunyai dan memiliki akal dan pikiran, perencanaan serta kehendak.
Disimpulkan bahwa unsur management menurut penguraian di atas sifatnya
universil. Oleh karena itu diberikan penguraian menurut M. Manullang, (1985:
12), sebagai berikut manajer adalah orang yang mencapai hasil tertentu melalui
orang lain atau dengan kata lain manager adalah orang yang mempunyai keahlian
untuk menggerakkan orang untuk melakukan pekerjaan tertentu,untuk menghasilkan
sesuatu tujuan tertentu.
Dari
beberapa definisi tersebut di atas, maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa
manajemen adalah suatu proses kegiatan/ usaja penyampaian tugas tertentu
melalui kerja sama dengan orang-orang lain. Berdasarkan pengertian tersebut di
atas, nampaknya banyak kunci pengawasan adalah proses kerja sama yang baik
diantara para pegawai atau pada karyawan masing-masing.
Moekijat,
(1997: 151), memberikan batasan mengenai manajemen sebagai berikut
manajemen adalah proses di mana pimpinan ingin mengetahui
apakah bawahan sudah melaksanakan pekerjaan yang sesuai dengan perencanaan yang
telah di tentukan sebelumnya.
Dalam
hubungan dengan penjelasan tersebut di atas, dapat dijelaskan bahwa setiap
pekerjaan yang dilimpahkan diikuti dengan saksama, sehingga apa yang telah
diberikan padanya atau pada masing-masing karyawan. Dari definisi ini dapat
juga dijelaskan kewenangan terhadap pelaksanaan tugas dengan diawasi
secara tidak langsung apa yang ia kerjakan apakah bisa diselesaikan atau
tidak.
Setiap
karyawan mempunyai struktur organisasi tersendiri, mkaka olehnya itu tentu
mempunyai pembagian tugas dan pembatasan hak dari masing-masing karyawan. Dan
untuk lebih efisiensinya terhadap tugas yang dilimpahkan perlu memperhatikan
apa yang telah digariskan oleh struktur organisasi perusahaan itu sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar