Powered By Blogger

Jumat, 23 Desember 2016

Pengertian Pengendalian

Dalam istilah internal kontrol yang diterjemahkan sebagai pengendalian atau pengawasan intern yang merupakan istilah yang sudah umum dan banyak dipergunakan dalam berbagai pengertian. Dalam hal pengendalian dan pengawasan dipergunakan secara bergantian dengan asumsi bahwa kedua istilah tersebut pada dasarnya adalah sama, namun dalam pengertian ada perbedaan pendapat.
Pada tahun 1996 The Committe on auditing prosedures dalam suatu laporan khusus yang telah mendefinisikan    pengendalian intern (internal control) alih bahasa oleh Tjitjin Fneic Tjendera (1996: 121), menyatakan bahwa pengendalian intern mencakup rencana organisasi dan semua metode serta tindakan yang dipergunakan dalam perusahaan untuk mengamankan harta, mengecek kecermatan dan keandalan dari data akuntansinya, memajukan efisiensi operasi dan memastikan pemanfaatan dan kebijaksanaan yang telah di   tetapkan oleh manajemen perusahaan.
Berdasarkan definisi di atas dapat disimpulkan bahwa suatu pengendalian intern bukan saja terbatas pada hal-hal yang langsung berhubungan dengan fungsi-fungsi departemen akuntansi keuangan. Jadi pada dasarnya pengendalian intern dapat dibadi dalam arti yang sempit dan arti yang luas menyangkut mengenai pengawasan intern.
Selanjutnya Pengawasan  intern  dalam arti sempit menurut Hadori Yunus (1997: 87) sama dengan internal Check yang diterjemahkan sebagai berikut internal check merupakan sistem dan prosedur yang secara otomatis saling memeriksa catatan dalam akuntansi yang dilakukan oleh suatu bagian atau fungsi lain dalam suatu organisai.                                                                                                                  
Lebih lanjut Hadori Yunus (1997: 89) memberikan pengertian pengendalian dalam arti yang luas diterjemahkan, sebagai berikut internal control adalah segala rencana dan peralatan yang ada dalam suatu organisasi untuk mengusai harta kekayaan perusahaan, mengecek ketelitian dan membantu management dalam pengambilan keputusan serta menjaga agar kebijaksanaan itu tidak di selewengkan.
Dalam pengertian internal check ketelitian data akuntansi dapat diciptakan dengan mengadakan perbandingan (crose check) angka-angka yang dicatat pada bagian yang berlainan tetapi hasilnya harus sama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar