Powered By Blogger

Kamis, 05 Desember 2019

Pengertian Produktivitas


Pengertian Produktivitas
            Produktivitas mengandung pengertian filosofis, definisi kerja dan teknik operasional. Secara filosofis, produktivitas mengandung pandangan hidup dan sikap mental yang selalu berusaha untuk meningkatkan mutu kehidupan yang pada dasarnya mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuan kerja.
            Menurut Mochdarsyah Sinungan, dalam bukunya “Manajemen Sumber Daya Manusia”  ( 1998 : 20 ), menyatakan bahwa produktivitas adalah perbandingan antara totalitas masukan ( input ) selama periode tersebut.
            Definisi yang dikemukakan oleh Mochdarsyah tersebut memasukan semua pemakaian faktor-faktor produktivitas selama proses produksi hingga selesainya. Faktor-faktor produksi yang dimaksudkan itu terdiri dari tanah, bangunan, peralatan dan tenaga kerja.
            Selanjutnya menurut J. Rafianto, dalam bukunya “Produktivitas dan Pengukurannya” ( 1998 : 16 ), menyatakan bahwa : Produktivitas adalah keluaran fisik perunit dari usaha produktif.
  1. Produktivitas adalah tingkat keefektifan dari manajemen industri di dalam penggunaan fasilitas-fasilitas untuk produksi.
  2. Produktivitas adalah pengukuran seberapa baik sumber daya digunakan bersama didalam organisasi untuk menyelesaikan suatu kumpulan hasil-hasil.
  3. Produktivitas adalah mencapai tingkat ( level 0 tertinggi dari unjuk laku performance ) dengan pemakaian dari sumber daya yang minim.
Dalam penjelasan tentang produktivitas, muncul berbagai situasi yang melandasi munculnya definisi-definisi tersebut sehingga belum ditemukan kesepakatan dari para ahli. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar