Powered By Blogger

Kamis, 05 Desember 2019

Pengertian Sumber Daya Manusia


Pengertian Sumber Daya Manusia
            Manusia secara kodrat dan lahiriah mempunyai harkat, martabat dan nilai-nilai kepribadian yang semuanya merupakan anugerah Tuhan yang mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Oleh karena itu, manusia sebagai salah satu sumber daya yang utama dan terpenting dalam suatu organisasi. Dalam mencapai tingkat efisiensi dan efektifitas yang optimal dalam mengkombinasikan sumber-sumber daya dimana sumber daya manusia merupakan faktor determinan utama dari keberhasilan dan kegagalan suatu organisasi.
            Sumber daya manusia menurut Hadari Nawawi, dalam bukunya “Perencanaan Sumber Daya Manusia” ( 2001 : 37 ), manusia atau orang yang bekerja atau menjadi anggota suatu organisasi yang disebut personil, pegawai, karyawan, pekerja, tenaga kerja, dan lain-lain.
            Selanjutnya menurut Faustino Cardoso Gomes, dalam bukunya “Manajemen Sumber Daya Manusia” ( 2003 : 1 ), sumber daya manusia adalah salah satu sumber daya yang terdapat dalam organisasi, meliputi semua orang yang melakukan aktivitas. Secara umum sumber daya yang terdapat dalam perusahaan atau organisasi dapat dikelompokkan atas dua macam yaitu: sumber daya manusia dan sumber daya non manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar