Pengertian
dan Bentuk Pelayanan Prima
Pelayanan
prima atau atau layanan unggulan pada kosumen itu sendiri adalah bagaimana
memberikan layanan maksimal kepada nasabah dan kesiapan dalam mengatasi
permasalahan yang muncul secara profesional. Pelayanan ini kemudian akan
meningkatkan kesan kepada nasabah sehingga mereka akan seterusnya datang
kembali untuk menjadi rekan bisnis dengan bank. Pelayanan prima mencerminkan pendekatan
seluruhnya dari seorang karyawan bank kepada nasabahnya.
Malayu Hasbuan Dalam bukunya dasar-Dasar
Perbankan (2001 : 150) bentuk-bentuk pelayanan prima yang baik adalah pelayanan
yang dilakukan dengan ramah, cepat, tepat dan nyaman sehingga memenuhi kepuasan
nasabahnya.
Pelayanan prima sesuai dengan tuntutan
nasabah mengingat impelementasi reformasi, maka pelayanan menjadi titik tolak
perkembangan nasabah, yaitu :
1.
Keceptan pelanggan sangat menginginkan pelayanan yang serba
cepat dan tidak memakan waktu yang lama.
2.
Ramah untuk menciptakan kerjasama yang bak keramaian
merupakan kunci keberhasilan suatu pelayanan.
3.
Ketepatan, pelayanan yang cepat harus disertai dengan
ketepatan sesuai dengan keinginan nasabah.
4.
Nyaman suasana yang nyaman sangat berpengaruh dalam
membangun kinerja karyawan serta untuk menciptakan nasabah yang loyal.
Kemudian Adya Barata dalam bukunya
Dasar-Dasat Pelayanan Prima (2004 : 31) mengembangkan budaya pelayanan prima
berdasarkan pasal A 6 (enam) yaitu dengan menyelaraskan faktpr-faktor antara
lain :
1. Kemampuan (ability)
Kemampuan
adalah pengetahuan dan keterampilan tertentu yang mutlat diperlukan untuk
menunjang program layanan prima yang dapat meliputi kemampuan dalam bidang
kerja yang ditekuni untuk melaksanakan komunikasi yang efektif, mengembangkan
motivasi dan menggunakan public relation sebagai instrumen dalam membawa
hubungan ke dalam dan keluar organisasi/perusahaan.
2. Sikap (attitude)
Setiap insan mempunyai prilaku yang harus ditonjolkan ketika
menghadapi pelanggan yang dapat disesuaikan kondisi dan kemauan nasabah.
3. Penampilan
(appearance)
Penampilan adalah kemampuan seseorang baik yang bersifat
fisik saja maupun non fisik yang mampu merefleksikan kepercayaan dividen
kredibilitas dari pihak lain.
4. Perhatian
(attention)
Curahan
perhatian seseorang adalah kepedulian penuh terhadap pelanggan baik yang
berkaitan dengan perhatian kebutuhan dan keinginan pelanggan maupun pemahaman
atas saran dan kritikannya seorang nasabah.
5. Tindakan
(action)
Melakukan sesuatu harus memerlukan tindakan adalah suatu
tindakan dalam berbagai kegiatan yang nyata yang harus dilakukan dalam
memberikan layanan kepada pelanggan.
1.
Tanggung jawab (accountability)
Melaksanakan
kegiatan mempunyai tanggung jawab adalah suatu sikap keberpihakan kepada
pelanggan sebagai wujud kepedulian untuk menghindarkan atau meminimalkan
kerugian atau ketidakpuasan pelanggan.
Selanjutnya, Waworuntu dalam bukunya
Dasar Ketrampilan Melayani Nasabah ( 1997 : 5 ), dalam beberapa manfaat yang
dapat diperoleh perusahaan dengan melaksanakan pelayanan prima, yaitu :
a. Meningkatkan citra perusahaan
Berawal dari tingkat persaingan yang semakin tajam diantara
para pesaing, maka perusahaan harus meningkatkan pelayanan terhadap nasabah
dengan cara mengadakan pendidikan mengenai pelayanan prima.
b. Merupakan
promosi bagi bank
Dengan memberikan pelayanan prima kepada nasabah dan merasa
terpuaskan kebutuhannya,maka nasabah akan menceritakan kepada orang lain.
Penyampaian informasi itu merupakan promosi gratis bagi perusahaan.
a.
Menciptakan kesan
pertama yang baik
Aapabika
kita terbiasa dengan pelayaan prima yang kita berikan pada setiap nasabah,
terutama calon nasabah akan mendapatkan suatu kesan pertamanya yang lebih
mendaalam, karena pelayanan yang kita berikan sesuai dengan kebutuhan yang
diinginkan.
d. Meningkatkan
daya saing bank
Semakin tajamnya persaingan yang biasanya perusahaan
berlomba-lomba untuk memberikan hadiah. Ada
juga nasabah yang senang dengan hadiah, tetapi semua nasabah akan tertarik
dengan hal itu. Ada
nasabah yang akan lebih senang lagi apabila memperoleh pelayanan yang prima
dengan senang hati.
e. Meningkatkan
laba dalam jangka panjang
Pelayanan prima yang telah diberikan kepada para nasabah
dan calon nasabah akan memberikan dampak kepuasan nasabah yang
berkesinambungan. Artinya nasabah akan menjadi loyal sehingga memberikan
keuntungan bagi perusahaan dalam jangka panjang. Keuntungan jangka panjang
tersebut akan memberikan posisi perusahaan semakin kuat dalam persaingan bank
mencari nasabah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar