Pengertian Customer Service
Sesungguhnya konsep
hubungan bank dengan nasabah sudah dimulai sejak tahun 1970-an berkembangan
pada akhirnya menjadi rekan bisnis dengan masyarakat. Dekade tahun 1980-an
didorong oleh persaingan yang ketat, dalam penerapan kosep customer service
dipelopori di Amerika Serikat oleh bidang bisnis departemen store dan
barang-barang elektornik. Penerapan konsep mengutamakan kepentingan pelanggan
ini juga oleh sektor yang melayani masyarakat umum.
Wawoluntu dalam bukunya Dasar-Dasar
Kerterampilan Melayani Nasabah Bnk ( 1997 : 1 ) istilah customer service yang
diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yang artinya melayani nasabah. Dimana
untuk bidang bisnis secara uum diartikan sebagai pelayanan pelanggan. Kata
customer service berasal dari dua kata yaitu “customer” sama dengan pelanggan,
dan “sevice” sama dengan pelayanan.
Sedangkan Kasmir dalam bukunya Etika
Customer Service ( 2004 : 201), membertikan pengertian customer service secara
umum adalah setiap kegiatan yang diperuntuhkan atau ditujukan untuk memberikan
kepuasan nasabah, melalui pelayanan yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan
nasabah.
Jadi pengertian “customer service” adalah
sebuah unit kerja yang bertugas untuk melayani nasabah atau calon nasabah.
Pelayanan yang diberikan adalah
pelayanan berdasarkan informasi dan pelayanan jasa yang tujuannya untuk
memberikan kepuasan nasabah dan dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan nasabah.
Banyak masyarakat yang masih beranggapan
bahwa customer service itu adalah sebagai pusat informasi, padahal pada
kenyataannya customer service ini juga memberikan pelayanan jasa-jasa
perbankan.
Untuk dapat menduduki jabatan ini ada
beberapa kriteria yang harus dipenuhi antara lain memiliki pengetahuan yang
luas tentang masalah-masalah yang berhubungan dengan masalah perbankan harus
aktif mengetahui semua informasi yang sedang terjadi diluar perushaan harus
memiliki sikap bijaksana, tanggap, setia ramah pada setiap nasabah.
Sebagai seorang customer service tentu
telah diterapkan fungsi dan tugas yang harus diembangnya. Fungsi dan tugas yang
harus dilaksanakan dalam arti dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan
bertanggung jawab dari awal sampai selesainya suatu pelayanan nasabah.
Fungsi dan tugas customer service yang
harus benar-benar dipahami sehingga seorang customer service dapat menjalankan
tugasnya secara prima. Menurut Kasmir dalam bukunya Pemasaran Bank ( 2004 : 203
) fungsi dan tugas customer service sebagai berikut :
a. Sebagai receptionis
Receptionis artinya customer service sebagai penerima tamu/ nasabah yang
datang ke bank dengan ramah tamah, tenang simpatik, menarik dan menyenangkan.
b. Sebagai deskman
Deskman artinya customer service sebagai orang yang melayani berbagai
macam aplikasi yang diajukan nasabah atau calon nasabah. Untuk memberikan
informasi mengenai produk-produk bank, menjelaskan manfaat dan ciri-ciri produk
bank. Kemudian menjawab pertanyaan nasabah mengenai produk bank serta membantu
nasabah untuk mengisi formulir aplikasi.
c.
Sebagai salesman
Salesman artinya customer service sebagai orang yang menjual produk
perbankan sekaligus mengadakan pendekatan dan mencari nasabah bvaru serta berusaha
mempertahankan nasabah yang lama. Juga berusaha mengatasi setiap permasalahan
yang dihadapi nasabah termasuk keberatan dan keluhan nasabah.
d.
Sebagai customer service relation officer
Customer service artinya sebgai orang yang dapat membina hubungan baik
dengan seluruh nasabah.
e. Sebagai comunikator
Comunikator customer 5 service sebagai orang yang menghubungi nasabah
dan memberkan informasi tentang segala sesuatu yang ada hubungannya antara bank
dengan nasabah.
Dalam
pelayanan di bank customer service mempunyai tanggung
jawab
dalam menjalankan tugasnya sebagai
berikut :
1.
Bertanggung jawab kepada pimpinan
2.
Secara efektif memberikan perbaikan kualitas operasi dan
layanan bank yang telah ada dan yang akan diterapkan.
3.
Melakukan koordinasi dan bekerja sama dengan bagian lainnya
dalam memproses dan meningkatkan kualitas layanan bank.
4.
Sebagai penghubung antara nasabah dengan bagian-bagian yang
terkait dan batasan bilamana di atas wewenangnya.
5.
Menjamin tetap terjadinya hubungan yang biak dan memuaskan
bgi para nasabah, di mana dalam hal ini menghimbau para nasabah.
6.
Memberikan informasi mengenai semua jenis produk dan jasa
bank termasuk manfaat dan keuntungannya bagi nasabah.
f.
Peranan customer service
Customer service berperanan daam
memberikan pelayanan yang terbaik pada nasabah yang ingin bertransaksi dengan
bank menurut Kasmir dalam bukunya Etika Customer Service ( 2004 : 98 ), ada
beberapa peranan dalam customer service, sebagai berikut :
Bertanggung jawab terhadap kelancaran dan layanan bank
- Melakukan investigasi terhadap keluhan masalah yang
sesuai dengan standar penanganan keluhan
- Menjamin kelancaran dan pemahaman arus informasi yang
tepat guna bagi nasabah, khususnya mengenai semua jenisa produks dan jasa
bank dalam hal ini customer service menjawab pertanyaan nasabah mengenai
pelayanan jasa perbankan serta menampung keluhan nasabah tentang layanan
jasa perbankan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar