Suatu cara perusahan untuk tetap dapat unggul bersaing
adalah memberikan jasa dengan kualitas yang lebih tinggi dari pesaingnya secara
konsisten. Harapan pelanggan dibentuk oleh pengalaman masa lalunya, pembicaran
dari mulut ke mulut serta promosi yang dilakukan oleh perusahaan jasa, kemudian
dibandingkannya.
Terdapat 5 (lima ) determinan kualitas jasa Menurut Philip
Kotler (2002 : 40). Dalam bukunya Manajemen Pemasaran.yang dapat
dirincikan sebagai berikut :
1. Keandalan (reliability)
Kemampuan untuk melaksanakan
jasa yang dijanjikan dengan tepat dan terpercaya.
2. Koresponsifan (responsiveness)
Kemampuan untuk membantu pelanggan dan memberikan jasa
dengan cepat atau tanggapan.
3.
Keyakinan
(confidence) Pengetahuan dan kesopanan karyawan serta kemampuan mereka
untuk menimbulkan kepercayaan dan keyakinan atau “assurance”.
4.
Empati
(emphaty) Syarat untuk peduli, memberikan perhatian pribadi bagi
pelanggan.
5.
Berwujud
(tangible) Penampilan fasilitas fisik, peralatan, personel, dan media
komunikasi. Jasa akan menjadi sesuatu yang bermanfaat apabila didasarkan pada
kepentingan pelanggan dan kinerjanya bagi perusahaan. Artinya perusahaan
seharusnya mencurahkan perhatiannya pada hal-hal yang memang dianggap penting
oleh para pelanggannya/nasabahnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar