Pengertian Pemasaran
Pada saat ini kegiatan pemasaran mempunyai
peranan yang sangat penting dalam dunia usaha, bahkan merupakan kunci dalam
keberhasllan usaha. Pemasaran juga mempunyai peranan penting dalam masyarakat,
karena pemasaran menyangkut berbagai aspek kehidupan, termasuk bidang ekonomi
dan sosial, karena kegiatan pemasaran menyangkut masalah mengalirnya produk
dari produsen ke konsumen lapangan kerja yang penting bagi masyarakat.
Beberapa ahli telah mengemukakan tentang
pengertian pemasaran yang kelihatannya berbeda, narnun pada dasarnya adalah
sdma. Untuk lebih memperjelas pengertian pemasaran, berikut ini akan diuraikan
beberapa pendapat yang dikemukakan oleh para ahli. Menurut Basu Swastha
(1998:17) mendefinisikan pemasaran secara luas sebagai berikut:
Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan
dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga,
mernpromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan
kebutuhan kepada pembeli yang ada.
Dari definisi tersebut, dapat kita meninjau
pemasaran sebagai suatu sistem dari kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan,
ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mernpromosikan dan
mendistribusikan barang dan jasa kepada
kelompok pembeli. Sedangkan menurut Alex S. Nitisemito (1999:13) memberikan
pengertian pemasaran bahwa Pemasaran adalah semua barang atau jasa dari
produsen'ke konsumen secara paling efisien dengan maksud untuk menciptakan
permintaan efektif.
Dari pengertian pemasaran diatas, lebih
ditekankan pada proses yang memperlancar hubungan antara produsen dan konsumen
dalam pemenuhan kebutuhan kedua belah pihak.
Kemudian meurut Philip Khotler (1999:15)
memberikan pengertian pemasaran sebagai berikut, Pemasaran adalah kegiatan yang
diarahkan kepada rnemuaskan keinginan dan kebutuhan melalui proses pertukaran. Menurut defenisi tesebut, mula-mula manusia harus menemukan kebutuhan
terlebih dahulu, kemudian berusaha untuk memenuhi dengan cara mengadakan
hubungan. Dapat pula dikatakan bahwa kegiatan pemasaran itu diciptakan oleh
pembeli dan penjual, kedua belah pihak sama-sama mencapai kepuasan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar