Powered By Blogger

Jumat, 06 Desember 2019

Kemandirian Fiskal


Kemandirian Fiskal

Kemandirian fiskal merupakan salah satu aspek yang sangat penting dari

otonomi daerah secara keseluruhan. Menurut Mardiasmo (1999) disebutkan

bahwa manfaat adanya kemandirian fiskal adalah : 
a. Mendorong peningkatan partisipasi prakarsa dan kreativitas masyarakat

dalam pembangunan serta akan mendorong pemerataan hasil-hasil

pembangunan (keadilan) di seluruh daerah dengan memanfaatkan

sumberdaya serta potensi yang tersedia di daerah.

b. Memperbaiki    alokasi     sumber    daya     produktif    melalui     pergeseran

pengambilan keputusan publik ke tingkat pemerintahan yang lebih rendah

yang memiliki informasi lebih lengkap.

Dari hal tersebut diatas, kemandirian fiskal daerah menggambarkan

kemampuan pemerintah daerah dalam meningkatkan PAD seperti pajak dan

retribusi daerah dan lain-lain dan pembanguan daerah bisa diwujudkan hanya

apabila disertai kemandirian fiskal yang efektif. Ini berarti bahwa pemerintah

daerah secara finansial harus bersifat independen terhadap pemerintah pusat

dengan jalan sebanyak mungkin menggali sumber-sumber PAD seperti pajak,

retribusi dan sebagainya (Radianto, 1997)

Kemandirian    fiskal    merupakan    indikator    utama    dalam    mengukur

kemampuan pemerintah daerah untuk membiayai sendiri kegiatan pemerintahan

daerah yang dijalankan, tanpa tergantung bantuan dari luar, termasuk dari

pemerintah pusat (World Bank 1994 dalam Suhab 1997).

Menurut Halim (2001), ciri utama suatu daerah mampu melaksanakan

otonomi (desentralisasi fiskal) adalah (1) kemampuan keuangan daerah, yang

berarti daerah tersebut memiliki kemampuan dan kewenangan untuk menggali

sumber-sumber keuangan, mengelola dan menggunakan keuangannya sendiri

untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan; (2) Ketergantungan kepada 
bantuan pusat harus seminimal mungkin, oleh karena itu, PAD harus menjadi

sumber keuangan terbesar yang didukung oleh kebijakan perimbangan keuangan

pusat dan daerah.

Kedua ciri tersebut akan mempengaruhi pola hubungan antara pemerintah

pusat dan daerah. Secara konseptual, pola hubungan keuangan antar pemerintah

pusat dan daerah harus sesuai dengan kemampuan daerah dalam membiayai

pelaksanaan pemerintahan. Olah karena itu, untuk melihat kemampuan daerah

dalam menjalankan otonomi daerah, salah satunya dapat diukur melalu kinerja

keuangan daerah . Menurut Musgrave (1991) dalam mengukur kinerja keuangan

daerah dapat digunakan derajat desentralisasi fiskal antara pemerintah pusat dan

daerah antara lain :

1)                 PAD
TPD
2)                 BHPBP
TPD
3)                 Sum
TPD


Selain itu, dalam melihat kinerja keuangan daerah dapat menggunakan

derajat kemandirian daerah untuk mengukur seberapa jauh penerimaan yang

berasal dari daerah dalam memenuhi kebutuhan daerah (Halim, 2001), antara

lain :

4)                                PAD
TKD
5)                                PAD
KR
6)                      PAD + BHPBP
TKD

Dimana ;

PAD                            = Pendapatan Asli Daerah
BHPBP                      = Bagi Hasil Pajak dan Bukan Pajak
TPD                            = Total Penerimaan Daerah
TKD                           = Total Pengeluaran Daerah
PR                                = Pengeluaran Rutin
Sum                            = Sumbangan dari Pusat


Menurut    Udjianto     (2005),    untuk    mengukur    tingkat     pertumbuhan

Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah

(APBD) untuk memperoleh kondisi keuangan daerah adalah sebagai berikut :



TP PADt      =

PADt  PADt 1
PADt  1

X 100%



Dimana ;

TP PADt = Tingkat Pertumbuhan Pendapatan Asli Daerah Tahun
Berjalan
PADt            = Pendapatan Asli Daerah Tahun Berjalan
PADt-1       = Pendapatan asli Daerah Tahun Sebelumnya


Untuk mengukur Derajat Otonomi Fiskal :



DOF =

PADt
TPDt

X 100%



Dimana :

DOF             = Derajat Otonomi Fiskal
PADt            = Total PAD Tahun t
TPDt            = Total Penerimaan Daerah Tahun t


Semakin tinggi kemandirian suatu daerah menunjukkan bahwa daerah

tersebut semakin mampu membiayai pengeluarannya sendiri tanpa bantuan dari

pemerintah pusat. Apabila dipadukan dengan derajat desentralisasi fiskal yang

digunakan untuk melihat kontribusi pendapatan asli daerah terhadap pendapatan
daerah secara keseluruhan, maka akan terlihat kinerja keuangan daerah secara

utuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar