Powered By Blogger

Jumat, 06 Desember 2019

Indikator Desentralisasi Fiskal


Indikator Desentralisasi Fiskal

Salah satu aspek penting dari otonomi daerah secara keseluruhan adalah

desentralisasi fiskal daerah (desentralisasi fiskal). Desentralisasi fiskal daerah

merupakan salah satu aspek penting dari otonomi daerah secara keseluruhan,

karena pengertian desentralisasi fiskal daerah menggambarkan kemampuan

pemerintah daerah dalam meningkatkan PAD seperti pajak, retribusi dan lain-lain.

Menurut Booth (2000), kemandirian atau kemampuan fiskal diartikan sebagai
proporsi total pendapatan propinsi dan kabupaten/kota yang diperoleh dari

sumber-sumbber diluar subsidi dari penerintah pusat

Menurut Suparmoko (1987) untuk mengukur desentralisasi fiskal dapat

digunakan rasio antara PAD dengan total pendapatan daerah, rasio antara PAD

dengan penerimaan daerah. Harus diakui bahwa derajat desentralisasi fiskal

daerah di Indonesia masih rendah, artinya daerah belum mampu untuk membiayai

pengeluaran rutinnya. Oleh karena itu otonomi daerah dapat terwujud apabila

disertai dengan otonomi keuangan yang efektif dan daerah mempunyai

kemampuan menggali sumber-sumber PAD.

Menurut Sugiyanto (2000) ukuran yang digunakan adalah perbandingan

PAD terhadap pengeluaran pemerintah. Rumusnya : R/E (R = PAD dan E =

anggaran     pengeluaran).    Apabila     rasio     tersebut     semakin     besar,     berarti

kecenderungan tingkat kemandirian tersebut akan semakin besar.

Menurut Sukanto (2000), untuk mengukur derajat desentralisasi fiskal

digunakan :

- Perbandingan PAD terhadap Total Penerimaan Daerah

- Perbandingan Bagi Hasil Pajak dan Bukan Pajak terhadap Total Penerimaan

Daerah

- Perbandingan Sumbangan Daerah terhadap Total Penerimaan Daerah

Menurut TIM LPEM - FEUI pada laporan akhir kebijakan desentralisasi

dalam masa transisi (2000) menyatakan bahwa untuk melihat kesiapan pemerintah

daerah dalam menghadapi otonomi daerah , khususnya di bidang keuangan,
diukur dari sejauh mana kemampuan pembiayaan urusan bila didanai sepenuhnya

oleh PAD dan bagi hasil. Rasio yang digunakan adalah sebagai berikut :

- Perbandingan PAD dengan Total Pengeluaran

- Perbandingan PAD dengan Pengeluaran Rutin

- Perbandingan PAD+Bagi Hasil dengan Total Pengeluaran

- Perbandingan PAD + Bagi Hasil dengan Pengeluaran Rutin

- Perbandingan PAD per kapita dengan Pengeluaran Rutin per kapita

- Perbandingan PAD per kapita dengan Total Pengeluaran per kapita

- Perbandingan PAD + Bagi Hasil per kapita dengan Total pengeluaran per kapita

- Perbandingan PAD + Bagi Hasil per kapita

Jika hasilnya tinggi, maka perana PAD dalam membiayai urusan daerah

dinyatakan mampu untuk menunjang kemandirian keuangan pemerintah daerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar