Mengapa Perusahaan Mengukur Mutu dan Kepuasan Pelanggan ?
Untuk mengetahui optimal tidaknya
pelayan yang diberikan kepada para pelanggan, maka perusahaan perlu melakukan
pengamatan/pengukuran mutu dan kepuasan dari para pelangganya, Menurut Richard
F. Gerson, (2004;20)
1.
Untuk
mempelajari presepsi pelanggan
2.
Untuk menentukan kebutuhan, keinginan, persyaratan dan harapan pelanggan.
3.
Untuk
menutup Kesenjangan.
. Berikut ini
adalah beberapa kesenjangan yang telah diidentifikasi melalui penelitian, yaitu
:
a. Kesenjangan
antara pandangan perusahaan terhadap keinginan Pelanggan dengan keinginan
pelanggan yang sesungguhnya.
b. Kesenjangan
antara pandangan perusahaan terhadap barang atau
c. Jasa yang
telah dibeli pelanggan dan pandangan pelanggan terhadap barang atau jasa yang
telah diterimanya.
d. Kesenjangan
antara pandangan perusahaan dengan pandangan pelanggan terhadap mutu yang
diberikan.
e. Kesenjangan
antara harapan pelanggan terhadap mutu pelayanan dengan kinerja pelayanan yang
sesungguhnya.
f. Kesenjangan
antara janji pemasaran dengan pelayanan yang sesungguhnya.
4. Untuk memeriksa apakah peningkatan mutu
pelayanan dan kepuasan pelanggan,
sesuai harapan anda atau tidak .
5. Karena
peningkatan kinerja membawa peningkatan laba
6. Untuk mempelajari
bagaimana perusahaan melakukan dan apa yang
harus dilakukan kemudian.
7. Untuk
menerapkan proses perbaikan berkesinambungan.
Dari
uraian yang telah ditulis diatas maka menurut Richard F. Gerson, Ph.D,
(2004;26) manfaat dari pengukuran mutu dan kepuasan pelanggan yaitu :
1. Pengukuran
menyebabkan perusahaan memiliki rasa berhasil, yang kemudian diterjemahkannya
menjadi pelayanan yang prima kepada pelanggan
2. Pengukuran
bisa dijadikan dasar menentukan standar kinerja dan standar prestasi yang harus
dicapai, yang akan mengarahkan mereka menuju mutu yang semakin baik dan
kepuasan pelanggan yang meningkat.
3. Pengukuran
memberikan umpan balik segera kepada pelaksana, terutama bila pelanggan sendiri
yang mengukur kinerja pelaksana atau perusahaan yang memberi pelayanan.
4. Pengukuran
memberi tahu perusahaan apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki mutu dan
kepuasan pelanggan serta bagaimana harus melakukannya. Informasi ini juga bisa datang
langsung dari pelanggan.
5. Pengukuran memotivasi perusahaan untuk
melakukan dan mencapai tingkat produktivitas yang lebih tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar