Powered By Blogger

Jumat, 06 Desember 2019

Pendapatan Asli Daerah


Pendapatan Asli Daerah

Pendapatan Asli Daerah (PAD) adalah pendapatan daerah yang berasal

dari sumber-sumber keuangan daerah seperti pajak, retribusi daerah, bagian laba

BUMD, penerimaan dinas-dinas dan penerimaan lain-lain. Kemampuan daerah

dalam membiayai sendiri pembanguann daerahnya masih mengalami kendala

berupa rendahnya kemampuan daerah dalam meningkatkan PAD. Indikator

rendahnya kemampuan daerah dalam membiayai pembangunan dapat dilihat dari

Indeks Kemampuan Rutin (IKR) yang diperoleh dari besarnya perubahan PAD

terhadap pengeluaran rutin daerah dalam persentase pada tahun yang sama

(Radianto, 1997).

Pengertian PAD menurut JB. Kristiadi (1985) adalah pendapatan daerah

yang tergantung pada keadaan ekonomi pada umumnya dan potensi dari sumber-

sumber PAD itu sendiri.

Menurut Alfian Lains (1985) PAD adalah penerimaan rutin didalam

APBD yang berasal dari daerah yang bersangkutan sumber PAD itu terdiri dari

pajak daerah, retribusi daerah, penerimaan perusahaan daerah, penerimaan dinas-

dinas dan lain-lain.

Untuk mengetahui potensi sumber  sumber pendapatan asli daerah

(PAD), ada beberapa hal yang perlu diperhatikan (Simanjuntak, 2001) :

1. Kondisi awal suatu daerah. Kondisi ini tergantung pada :

Keadaan struktur ekonomi dan sosial suatu daerah menentukan :

a. Besar kecilnya keinginan pemerintah daerah untuk menetapkan pungutan-

pungutan. Hali ini disebabkan karena struktur ekonomi dan sosial suatu

masyarakat menentukan tinggi rendahnya tuntutan akan adanya pelayanan

publik dalam kuantitas dan kualitas tertentu. Pada masyarakat agraris

(daerah yang berbasis pertanian) misalnya tuntutan akan ketersediaan

fasilitas pelayanan tertentu akan lebih rendah daripada tuntutan yang ada

di masyarakat industri (daerah yang berbasis industri). Dalam masyarakat

agraris, pemerintah tidak akan terpacu untuk menarik pungutan-pungutan

dari masyarakat, sementara pada masyarakat industri, pemerintah akan

terpacu untuk menarik pungutan-pungutan untuk memneuhi tuntutan akan

ketersediaan fasilitas pelayanan publik tersebut.

b. Kemampuan masyarakat dalam membayar segala pungutan-pungutan yang

ditetapkan oleh pemerintah daerah. Karena perbedaan struktur ekonomi

dan sosial, kemampuan membayar segala pungutan yang ditetapkan oleh

pemerintah akan lebih tinggi di masyarakat industri daripada masyarakat

agraris.

Dari uraian diatas jelas bahwa pengetahuan akan kondisi awal suatu

daerah sangat penting dalam menentukan potensi penerimaan daerah. Kondisi

awal ini mencakup pengetahuan akan :

a. Komposisi industri yang ada di daerah

b. Struktur sosial, politik dan institusional setra berbagai kelompok masyarakat

yang relatif memiliki kekuatan.

c. Kemampuan (kecakapan) administratif, kejujuran dan integritas dari cabang-

cabang perpajakan pemerintah.

d. Tingkat ketimpangan (ketidakmerataan) dalam distribusi pendapatan.

Indikator sederhana untuk melihat kondisi awal suatu daerah adalah dengan

melihat kontribusi sektor pertanian dan atau kontribusi sektor industri pada

PDRB suatu daerah. Semakin tinggi kontribusoi sektor industri pada PDRB

suatu daerah, maka akan semakin tinggi penerimaan daerahnya. Sebaliknya

semakin tinggi kontribusi sektor pertanian pada PDRB suatu daerah, maka

akan semakin rendah potensi penerimaan daerah.

2. Peningkatan cakupan atau ekstensifikasi dan intensifikasi penerimaan PAD.

Kegiatan ini merupakan upya memperluas cakupan penerimaan pendapatan.

Dalam usaha peningkatan cakupan ini, ada tiga hal penting yang harus

diperhatikan adalah :

a. Menambah obyek dan subyek pajak dan retribusi. Peningkatan cakupan

pendapatan dapat dilakukan dengan meningkatkan jumlah obyek dan

subyek pajak dan retribusi.

b. Peningkatan besarnya penetapan. Dalam penelitian potensi pendapatan,

perlu     mempertimbangkan    kemungkinan    adanya    kesenjangan    yang

disebakan data potensi tidak tersedia dengan akurat, sehingga besarnya

penetapan pajak dan retribusi belum sesuai dengan potensi sebenarnya.

Dalam rangka peningkatan cakupan perlu dideteksi kemungkinan andanya

kebocoran dan mengevaluasi kembali besarnya penetapan serta estimasi

terhadap besarnya potensi.

c. Mengurangi tunggakan. Perlu dilakukan pemeriksaan terhadap tunggakab

rekening, kemudian diambil langkah-langkah konkrit untuk mengurangi

tungakan yang ada maupun mencegah terjadinya tunggakan baru. Dalam

hal ini perlu adanya penyelenggaraan administrasi tunggakan yang

lengkap dan rapi.


3. Perkembangan PDRB per kapita riil.

Semakin tinggi pendapatan seseorang maka akan semakin tinggi pula

kemampuan seseorang untuk membayar (ability to pay) berbagai pungutan

yang ditetapkan pemerintah daerah. Dengan logika yang sama pada tingkat

distribusi pendapatan tertentu yang tetap, semakin tinggi PDRB perkapita riil

suatu daerah, semakin besar pula kemampuan masyarakat daerah tersebut

untuk     membiayai    pengeluaran     rutin     dan     pengeluaran    pembangunan

pemerintahannya. Dengan kata lain, semakin tinggi PDRB perkapita suatu

daerah, semakin besar pula potensi sumber penerimaan daerah tersebut.

4. Pertumbuhan penduduk.

Besarnya pendapatan dapat dipengaruhi oleh jumlah penduduk . Jika jumlah

penduduk meningkat maka pendapatan yang dapat ditarik akan meningkat.

Tetapi pertumbuhan penduduk mungkin tidak mempengaruhi pertumbuhan

pendapatan secara proporsional.

5. Tingkat inflasi

Inflasi akan meningkatkan penerimaan PAD yang penetapannya didasarkan

pada omzet penjualan, misalnya pajak pembangunan I dan PBB.pada pajak

atau retribusi yang penetapanya didasarkan pada tarif secara flat, maka inflasi

diperlukan dalam pertimbangan prubahan tarif. 
6. Penyesuaian tarif

Peningkatan pendapatan sangat tergantung pada kebijakan penyesuaian tarif.

Kegagalan untuk menyesuaikan tarif dengan laju inflasi akan menghambat

peningkatan    daerah.    Dalam    rangka     penyesuaiaan   tarif,    selain    harus

mempertimbangkan laju inflasi, perlu juga ditinjau hubungan antara biaya

pelayanan jasa dengan penerimaan pendapatan.

7. Pembangunan baru

Penambahan PAD juga dapat diperoleh bila pembangunan-pembangunan baru

ada, seperti pembangunan pasar, pembangunan terminal, pembangunan jasa

pengumpulan sampah, dll.

8. Sumber pendapatan baru.

Adanya kegiatan usaha baru dapat mengakibatkan bertambahnya sumber

pendapatan pajak atau retribusi yang ada.

9. Perubahan peraturan

Rendahnya angka PAD dapat menunjukkan masih tingginya tingkat

ketergantungan pemerintah daerah pada pemerintah pusat serta menunjukkan

masih terbatasnya peran pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan

(Jaka Sriyana, 1999). Walaupun seberapa besar peranan PAD yang ideal juga

masih sulit dijawab karena belum ada pedoman yang pasti untuk menentukan

besarnya PAD yang ideal bagi suatu daerah (Munawar Ismail, 2001). Hal ini

dikarenakan faktor-faktor yang mempengaruhi derajat kemandirian daerah terus

berkembang. 
Widayat     (2000)    mengemukakan   faktor-faktor   yang     mempengaruhi

rendahnya PAD pemerintah kabupaten/kota antara lain :

1. Banyak sumber pendapatan kabupaten/kota yang besar tetapi digali oleh

instansi yang lebih tinggi, misalnya pajak kendaraan bermotor dan Pajak Bumi

dan Bangunan

2. BUMD belum banyak bisa memberikan keuntungan kepada pemerintah

daerah.

3. Kurangnya kesadaran masyarakat dalam membayar pajak, retribusi dan

pungutan liar.

4. Adanya kebocoran-kebocoran

5. Biaya pungut yang masih tinggi

6. Banyak peraturan daerah yang perlu disesuaikan dan disempurnakan

7. Kemampuan masyarakat untuk membayar pajak yang masih rendah.

Berdasarkan teori perpajakan, Musgrave and Musgrave (1989); Anwar

Shah (1994), besar kecilnya penerimaan di sektor pajak akan sangat ditentukan

oleh : (1) pendapatan perkapita, (2) jumlah penduduk, baik pusat maupun daerah,

Apabila pola konsumsi bagi perekonomian secara keseluruhan akan terjadi yang

akan berakibat pada penerimaan pajak.. Jadi pendapatan perkapita berpengaruh

(+)/positif terhadap penerimaan pajak daerah. Begitu pula dengan jumlah

penduduk, disini dibatasi dengan jumlah penduduk yang bekerja. Penduduk

berarti memiliki pendapatan sedangkan pendapatan telah diterima secara luas

sebagai ukuran untuk menentukan kemampuan membayar pajak sehingga

dikatakan bahwa jumlah penduduk berpengaruh positif terhadap penerimaan pajak

daerah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar