Powered By Blogger

Jumat, 06 Desember 2019

Sumber-Sumber Penerimaan Daerah


Sumber-Sumber Penerimaan Daerah

a) Pendapatan Asli Daerah

Salah satu wujud dari pelaksanaan desentralisasi fiskal adalah

pemberian sumber-sumber penerimaan bagi daerah yang dapat digali dan

digunakan sendiri sesuai dengan potensinya masing-masing. Kewenangan

Daerah untuk memungut pajak dan retribusi diatur dengan Undang-Undang

Nomor 34 Tahun 2000 yang merupakan penyempurnaan dari Undang-

undang Nomor 18 Tahun 1997 dan ditindaklanjuti peraturan pelaksanaannya

dengan PP Nomor 65 Tahun 2001 tentang Pajak Daerah dan PP Nomor 66

Tahun 2001 tentang Retribusi Daerah.

Berdasarkan Pasal 6 UU No. 33 Tahun 2004 bahwa Pendapatan asli Daerah

(PAD) bersumber dari :

1. Pajak daerah (TAX)

2. Retribusi daerah (R)

3. Hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan (PROFT)

4. Lain-lain PAD yang sah (OTHS) 
Secara matematika, Pendapatan Asli Daerah dapat diformulasikan

sebagai berikut (Bambang dkk, 2003) :

PAD = TAX + R + PROFT + OTHS

1. Pajak Daerah

Menurut UU No.34 Tahun 2000, yang dimaksud dengan pajak

daerah adalah iuran wajib yang dilakukan oleh orang pribadi atau badan

kepada daerah tanpa imbalan langsung yang seimbang, yang dapat

dipaksakan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, yang

digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan daerah dan

pembangunan daerah.

Penerimaan pajak suatu daerah dipengaruhi secara positif oleh

tingkat konsumsi (CONS) dan pajak tahun sebelumnya (TAX_1).

Penerimaan pajak tahun sebelumnya mempengaruhi target pajak pada tahun

berikutnya.

Secara matematika, Pendapatan asli Daerah dapat diformulasikan

sebagai berikut (Bambang dkk, 2003) :

Pajak Daerah ; TAX = f(CONS, TAX_1)



2. Retribusi Daerah

Menurut UU No. 34 Tahun 2000, Retribusi daerah adalah pungutan

daerah sebagai pembayaran atas jasa atau pemberian izin tertentu yang

khusus disediakan dan /atau diberikan oleh pemerintah daerah untuk

kepentingan orang pribadi atau badan . 
Menurut UU No. 34 Tahun 2000, jenis retribusi dapat dibedakan :

a. Retribusi jasa umum yang merupakan pungutan yang dikenakan oleh

daerah kepada masyarakat atas pelayanan yang diberikan. Pelayan

yang digolongkan sebagai jasa usaha tersebut tergolong quasy goods

dan pelayanan yang memerlukan pengembangan dalam konsumsi

dan biaya penyediaan layanan tersebut cukup besar sehingga layak

dibebankan kepada masyarakat . Misalnya : retribusi pelayanan

kesehatan, persampahan, akta catatan sipil dan KTP.

b. Retribusi jasa usaha merupakan pungutan yang dikenakan oleh

daerah berkaitan dengan penyediaan pelayanan yang belum memadai

disediakan oleh swasta dan atau penyewaan asset/kekayaan daerah

yang belum dimanfaatkan. Misalnya : retribusi pasar grosir, terminal,

rumah potong.

c. Retribusi perizinan tertentu yang merupakan pungutan yang

dikenakan sebagai pembayaran atas pemberian izin untuk melakukan

kegiatan tertentu yang perlu dikendalikan oleh daerah . misalnya :

IMB, izin pengambilan hasil hutan ikutan.

Retribusi daerah dipengaruhi oleh jumlah penduduk (POP),

pendapatan regional bruto (PDRB) dan retribusi sebelumnya (R_1).

Secara teoritis retribusi merupakan pembayaran terhadap jasa yang telah

diberikan oleh pemerintah. Sehingga jumlah penduduk dan pendapatan

menjadi faktor penting dalam jumlah retribusi yang dapat dikumpulkan.

Secara matematika, retribusi daerah dapat ditulis sebagai berikut

((Bambang dkk, 2003) :

R = f(PDRB,POP, R_1)



b).      Dana Perimbangan

Untuk menambah pendapatan daerah dalam rangka pembiayaan

pelaksanaan fungsi yang menjadi kewenangannya dilakukan dengan pola

bagi hasil penerimaan pajak dan bukan pajak (SDA) antara pusat dan daerah.

Sesuai dengan UU Nomor 32 Tahun 2004, pola bagi hasil penerimaan ini

dilakukan dengan persentase tertentu yang didasarkan atas daerah penghasil

(by origin). Bagi hasil penerimaan negara tersebut meliputi bagi hasil Pajak

Bumi dan Bangunan (PBB), Bea Perolahan Hak atas Tanah dan

Bangunan(BPHTB), dan bagi hasil sumber daya alam (SDA) yang terdiri

dari sektor kehutanan, pertambangan umum, minyak bumi dan gas alam, dan

perikanan. Bagi hasil penerimaan tersebut kepada daerah dengan presentase

tertentu yang diatur dalam UU Nomor 33 Tahun 2004 dan PP Nomor 104

Tahun 2000 tentang Dana Perimbangan sebagaimana telah diubah dengan

PP Nomor 84 Tahun 2001.

Dana Bagi Hasil

Dalam UU No. 33 tahun 2004 pasal 10 menyebutkan bahwa dana hasil

bagi bersumber dari pajak dan sumber daya alam.

Dana Bagi Hasil yang bersumber dari pajak terdiri atas :

a. Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) 
b. Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB)

c.     Pajak Penghasilan wajib pajak orang pribadi dalam negeri

Dana Bagi Hasil yang bersumber dari sumber daya alam terdiri atas :

a. Kehutanan

b. Pertambangan Umum

c. Perikanan

d. Pertambangan minyak bumi

e.Pertambangan minyak gas bumi

f. Pertambangan panas bumi (Republik Indonesia,2004b)

Dana Bagi Hasil dari penerimaan PBB dan BPHTB sebagaimana

dimaksud dalam pasal 11 UU NO. 33 Tahun 2004 dibagi di antara daerah

propinsi, kabupaten/kota dan pemerintah. Dana Bagi Hasil dari penerimaan

PBB sebesar 90 % untuk daerah dengan rincian sebagai berikut :

1) 16,2 % (enam belas dua persepuluh persen) untuk daerah propinsi

yang bersangkutan dan disalurkan ke rekening kas umum daerah

propinsi.

2) 64,8 % (enam puluh empat delapan persepuluih persen) untuk daerah

kabupaten/kota yang bersangkutan dan disalurkan ke rekening kas

umum daerah kabupaten/kota

3) 9 % (sembilan persen) untuk biaya pemungutan.

Sementara itu, 10 % bagian pemerintah dari penerimaan PBB

dibagikan kepada    seluruh daerah kabupaten/kota yang didasarkan atas


realisasi penerimaan PBB tahun anggaran berjalan, dengan imbalan sebagai

berikut (Republik Indonesia, 2004b) :

1) 65 % (enam puluh lima persen) dibagikan secara merata kepada

seluruh daerah kabupaten/kota

2) 35% (tiga puluh lima persen) dibagikan sebagai insentif kepada

daerah      kabupaten/kota     yang       realisasi       tahun      sebelumnya

mencapai/melampaui rencana penerimaan sektor tertentu.

Dana Bagi Hasil dari penerimaan BPHTB adalah sebesar 80 %

(delapan puluh lima persen) dengan rincian sebagai berikut (Republik

Indonesia, 2004b) :

1) 16 % (enam belas persen) untuk daerah propinsi yang bersangkutan

dan disalurkan ke rekening kas umum daerah propinsi

2) 64 % (enam puluhempat persen) untuk daerah kabupaten/kota

penghasil     dan     disalurkan     ke     rekening     kas     umum     daerah

kabupaten/kota.

Dana Alokasi Umum

Untuk mengurangi ketimpangan dalam kebutuhan pembiayaan dan

penguasaan pajak antara pusat dan daerah telah diatasi dengan adanya

perimbangan keuangan antara pusat dan saerah (dengan kebijakan bagi hasil

dan DAU minimal sebesar 25% dari Penerimaan Dalam Negeri). Dengan

perimbangan tersebut, khususnya dari DAU akan memberikan kepastian

bagi     daerah    dalam    memperoleh    sumber-sumber   pembiayaan    untuk

membiayai kebutuhan pengeluaran yang menjadi tanggungjawabnya. Sesuai

dengan UU Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara

pemerintah Pusat dan Daerah bahwa kebutuhan DAU oleh suatu daerah

(propinsi, kabupaten, dan kota) ditentukan dengan menggunakan pendekatan

konsep fiscal gap (fiscal gap), dimana kebutuhan DAU suatu daerah

ditentukan atas kebutuhan daerah (fiscal needs) dengan potensi daerah

(fiscal capacity). Dengan pengertian lain, DAU digunakan untuk menutup

celah yang terjadi karena kebutuhan Daerah melebihi dari potensi

penerimaan Daerah yang ada. Kemampuan/potensi fiskal/ekonomi daerah

dapat dicerminkan dengan potensi penerimaan yang diterima daerah, seperti

potensi pendapatan domestik regional bruto (PDRB), industri (diukur

dengan PDRB sektor non-primer), sumber daya lama (diukur dengan PDRB

seckor primer) dan sumber daya manusia (diukur dengan angkatan kerja).

Daerah yang memiliki PDRB tinggi, aktivitas industri dan jasa yang besar,

SDA yang melimpah dan SDM yang berkualitas akan menerima DAU yang

relatif kecil. (Republik Indonesia, 2004b).

Dana Alokasi Khusus

Pada hakikatnya pengertian Dana Alokasi Khusus (DAK) adalah

dana yang berasal dari APBN, yang dialokasikan kepada daerah untuk

membantu membiayai kebutuhan khusus. Pengalokasian DAK ditentukan

dengan memperhatikan tersedianya dana dalam APBN.

Sesuai dengan UU Nomor 33 Tahun 2004, yang dimaksud dengan

kebutuhan khusus adalah (i) kebutuhan yang tidak dapat diperkirakan

dengan menggunakan rumus alokasi umum, dalam pengertian kebutuhan

yang tidak sama dengan kebutuhan Daerah lain, misalnya: kebutuhan di

kawasan transmigrasi, kebutuhan beberapa jenis investasi/prasarana baru,

pembangunan jalan di kawasan terpencil, saluran irigasi primer, dan saluran

drainase primer; dan (ii) kebutuhan yang merupakan komitmen atau prioritas

nasional. (Republik Indonesia, 2004-b)

Perimbangan    keuangan    Pusat     dan    Pemerintahan    Daerah    ini

merupakan instrumen utama dalam pelaksanaan desentralisasi fiskal, sebagai

konsekensi dari pelaksanaan otonomi daerah. Secara utuh desentralisasi

fiskal mengandung pengertian bahwa untuk mendukung penyelenggaraan

otonomi daerah yang luas, nyata dan bertanggung jawab, kepada daerah

diberikan kewenangan untuk mendayagunakan sumber keuangan sendiri dan

keuangan antara pemerintah pusat dan daerah. Dapat ditegaskan kembali

bahwa pelaksanaan desentralisasi fiskal tidak hanya terfokus kepada dana

bantuan dari pusat dalam bentuk dana perimbangan saja, namun yang lebih

penting adalah bagaimana kemampuan daerah untuk memanfaatkan dan

mendayagunakan serta mengelola potensi-potensi yang ada di daerah dengan

tujuan     untuk     melakukan    peningkatan     pelayanan     masyarakat     dan

pembangunan    daerah.    Di     samping     itu,     desentralisasi    fiskal    dapat

memberikan ruang bagi daerah untuk menciptakan kreatifitas dan inovasi

baru dalam meningkatkan efisiensi atas penyediaan pelayanan publik,

menciptakan peluang investasi dan bisnis, dan secara selektif para investor

dan pebisnis memilih selera yang paling mendekati preferensi masyarakat

setempat. 

c). Pinjaman Daerah

Pinjaman daerah bersumber dari :

a. Pemerintah;

b. Pemerintah daerah;

c. Lembaga keuangan bank;

d. Lembaga keuangan bukan bank;

e. Masyarakat.

d). Lain-lain Pendapatan yang Sah

Lain-lain pendapatan yang sah terdiri atas pendapatan hibah dan pendapatan

dana darurat. Pemerintah mengalokasikan dana darurat yang berasal dari APBN

untuk keperluan mendesak yang diakibatkan oleh bencana nasional dan/atau

peristiwa luar biasa yang tidak dapat ditanggulangi oleh daerah dengan

menggunakan sumber APBD. Pendapatan hibah merupakan bantuan yang tidak

mengikat yang bersumber dari luar negeri dilakukan melalui pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar