Model Perilaku Konsumen
Konsumen mempunyai perilaku
pembelian yang berbeda dalam mengambil untuk mengkonsumsi atau menggunakan
suatu produk atau jasa dan memiliki proses yang cukup pelik dan berbeda,
dikarenakan produk atau jasa tersebut ada yang memang dibutuhkan dan ada yang
diinginkan.
Titik tolak memahami pembeli
adalah model rangsangan-tanggapan (stimulus-response model). Rangsangan
pemasaran dan lingkungan masuk kedalam kesadaran pembeli. Karakteristik dan
proses pengambilan keputusan pembeli menghasilkan keputusan pembelian tertentu. Berikut
bagan mengenai model rangsangan tanggapan:
Gambar
2.1.
Model
Perilaku Konsumen
Simulasi
Pemasarn
|
Simulasi
Lainnya
|
Produk
Harga
Distribusi
Promosi
|
Ekonomi
Teknologi
Politik
Budaya
|
KarakteristikPembeli
|
Proses keputusan pembeli
|
Budaya
Sosial
Pribadi
psikologis
|
Pengenalan
Kebutuhan
Pencarian
informasi
Keputusan
pembeli
Perilaku
Purnabeli
|
Sumber :
Kotler, 1999
Rangsangan-rangsangan
(stimulasi) pemasaran dan stimulasi pemasaran lainnya masuk ke dalam kesadaran
pembeli (nasabah). Kemudian dilanjutkan kepada karakteristik nasabah dan proses
keputusan nasabah. Di tahapan inilah sebenarnya proses yang paling menentukan
itu terjadi dimana nasabah berupaya untuk memutuskan membeli atau tidaknya
membeli suatu produk dan jasa bank tertentu. Dari proses diatas, pada akhirnya
menghasilkan keputusan membeli yang tentunya didasarkan pada rangsangan-rangsangan
pemasaran yang mempengaruhinya.
Secara garis besar, faktor-faktor yang
mempengaruhi keputusan konsumen terdiri dari faktor eksternal dan faktor
internal. Faktor eksternal terdiri dari stimulasi pemasaran diantaranya:
produksi, harga, tempat dan promosi (bisa dikendalikan pihak manajemen
perusahaan). Selain itu, stimulasi lainnya diluar kendali pihak manajemen
perusahaan, seperti kondisi perekonomian, politik, budaya, dan tekhnologi.
Sedangkan faktor internal adalah karakteristik dari konsumen tersebut. Faktor-faktor
tersebut merupakan dasar untuk melakukan proses selanjutnya yaitu keputusan
untuk membeli suatu produk atau jasa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar